ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU MORAL KEAGAMAAN MAHASISWA

Magdalena Magdalena

Abstract


This study aimed to determine influenced factors of the students’ gender, organization participant, and education background, and to Islamic moral action. Based the data analysis, there are many findings. There was a correlation between students’ gender, organization participant, and education background simultanly to Islamic moral action. Then, there was a different Islamic moral action based on the gender, organization participant, and education background

Keywords


Perilaku moral keagamaan, jenis kelamin, status organisasi, latar belakang pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Jamil, Perlawanan Kiyai Desa, Pemikiran dan Gerakan Islam KH Ahmad Rifa’i Kalisalak, Yogyakarta: LKIS, 2001.

Amri Marzali, Antropologi dan Pembangunan Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007.

C. Asri Budiningsih, Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Elizabeth K.Nottinngham, Religion and Society diterjemahkan oleh Abdul Muis Naharong, Agama dan Masyarakat Suatu Pengantar Sosiologi Agama, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter Jakarta: Bumi Aksara, 2011), hlm. 77.

Fadhal A.Bafadhal (Ed.), Pemuda dan Pergumulan Nilai pada Era Global, Jakarta: Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan, 2003.

Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspek, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1977.

Husaini Usman, Manajemen; Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Masganti Sit., Psikologi Agama,Medan: Perdana Publishing, 2011.

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Muhaimin, dkk., Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Jakarta: Kencana, 2010.

Taufik Pasiak, Revolusi IQ/EQ/SQ antara Neurosains dan Al-Quran, Bandung: Mizan Media ilmu, 2003.

Tim Pakar Yayasan Jati Diri Bangsa, Pendidikan Karakter di Sekolah: dari Gagasan ke Tindakan (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2011.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Toshihiko Izutsu, Konsep-konsep Etika Religius dalam Qur’an, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1993.

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.24952/tazkir.v4i1.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; State Institute for Islamic Studies Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: lp2miain.padangsidimpuan@gmail.com

 

Free counters!