Dinamika Gerakan Islam di Indonesia: Antara Salafi, Fundamentalis, Islamis Atau Post-Islamis

Ihwan Sormin (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Abdul Manaf Harahap (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini akan meneliti tentang bagaimana transformasi gerakan, ideologi dan pemehaman islam dari gerakan Salafi, Fundamentalis, Islamis hingga Post-Islamis. Peneliti juga ingin melihat bagaimana sirkulasi gerakan salafi fundamentalis hingga akhirnya menjadi islamis dan bagaimana perbedaan antara kedua gerakan tersebut. Kemudian peneliti ingin melihat dan menganalisis dimana posisi gerakan dan pemahaman islam di Indonesia antara Islamis dan Post-Islamis. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka library research dengan mengumpulkan data dari pustaka baik itu buku dan artikel jurnal lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergeseran gerakan islam terbagi menjadi Salafisme, Fundamentalisme, Islamisme dan Post Islamisme. Awalnya gerakan Salafisme memiliki spirit yang sama dengan Fundamentalisme yaitu memurnikan ajaran islam dari segala bentuk amaliyah yang berbau bid’ah. Pada gerakan Islamisme kelompok wahabi ini mulai menyentuh sendi politik da kekuasaan dengan spirit mendirikan negara islam. Gerakan islam di Indonesia sudah mulai bergerak ke arah Post-Islamisme terbukti dengan evaluasi beberapa partai politik islam dan organisasi islam dengan memakai islam moderat sebagai ideologi partainya.


Keywords


Ideologis, Islamis, Post Islamis

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Akbar S. Post-Modernism and Islam: Predicament and Promise. New York: Routledge, 1992.

Asef Bayat. Pos-Islamisme. Yogyakarta: LKis, 2011.

Bruinessen, Martin V an. “Indonesian Muslims In A Globalising World Westernitation Arabaitation and Indigenising Responses.” RSiS Working Paper, S. Rajaratnam School of International Studies, no. May (2018).

Bruinessen, Martin van. “Muslim Fundamnetalism: Something to Be Understood or to Be Explainet Away.” An Antology of Islamc Studeis Vol. 2 (2008): hlm. 90.

Burhani, Ahmad Najib. “Aksi Bela Islam : Konservatisme Dan Fragmentasi Otoritas Keagamaan.” Maarif Institute Vol. 11, no. No. 2 (2016): 15–29.

Chaplin, Chris. Salafism and the State Islamic Activism and National Identity in Contemporary Indonesia. Copenhagen: Nias Press, 2021.

Esposito, John L. “Salafiyah.” Oxford University Press 5 (1995): 105.

Gellner, Ernest. Postmodernisme, Reason and Religion,. London: Rotledge, 1992.

Hasan, Noorhaidi. Laskar Jihad: Islam, Militansi Dan Pencarian Identitas Di Indonesia Pasca-Orde Baru. Jakarta: LP3S & KITLV, 2008.

———. “Salafisme, Education and Youth Saudi Arabia’s Campaign For Wahabism in Indonesia.” Oxford University Press, 2022, 135–57.

Hasyim, Syafiq. “Fundamentalisme Islam: Perebutan Dan Pergerseran Makna.” Tashwirul Afkar 1 (2002): hlm. 8.

Isma, Neng, Nur Holifah, Nur Fajriyah Amini, and Salis Nur Rois. “Islam Dan Fundamentalisme Dalam Al ’ Qur ’ an” 2, no. 1 (2023): 1299–1310.

Kamsi, H. “Paradigma Politik Islam Tentang Relasi Agama Dan Negara.” In Right Jurnal Agama Dan Hak Asasi Manusia 2, no. 1 (2012).

Karim, Syahrir. “Post-Islamisme: Memahami Aksi Politik Islam Kontemporer.” Jurnal Politik Profetik 9, no. 1 (2021): 119.

Kepel, Gilles. Pembalasan Tuhan: Kebangkitan Agama-Agama Samawi Di Dunia Modern. Bandung: Pustaka Hidayah, 2000.

Komaruddin Hidayat. Menjadi Indonesia: 13 Abad Eksistensi Islam Di Bumi Nusantara. Bandung: Mizan Pustaka, 2006.

M. Amin Abdullah. Multidisiplin, Interdisiplin, Dan Transdisiplin, Metode Studi Agama Dan Studi Islam Di Era Kontemporer. Yogyakarta: IB Pustaka, 2022.

Mahendra, Yusril Ihza. Islam Dan Konsepsi Kontemporer Mnegenai Negara: Gagasan Jama’at Al-Islami Di Pakistan Dan Masyumi Di Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1999.

Maula, Bani Syarif. “Post-Islamisme Dan Gerakan Politik Islam Dalam Sistem Demokrasi Indonesia.” Al-Daulah: Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam 9, no. 1 (2019): 90–116.

Suharto, Babun. “Articulation of the Archipelago’s Islamic Education Thought.” International Journal of Islamic Boarding School Vol. 1, no. No. 1 (2023): 57–66.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v9i2.8790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ihwan Sormin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats