PARADIGMA MASYARAKAT PENAMBANG EMAS TANPA IZIN TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KABUPATEN SAROLANGUN-JAMBI

Munsarida Damiri Hubul Hoir (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Manusia dan lingkungan alam tidak dapat dipisahkan. Sebagian besar kebutuhan manusia dipenuhi ligkungan alam yang ada disekitarnya maka manusia harus menjaga dan melestarikan lingkungan alam dari kerusakan. Tetapi faktanya kerusakan lingkungan alam semakin memperhatinkan di Indonesia, khususnya di Kecamatan Batang Asai, Cermin Nan Gedang dan Limun. Kerusakan lingkungan diwilayah tersebut semakin parah dan melaus seperti pencemaran air sungai, kerusakan alam liar dan lahan pertanian lainnya yang diakibatkan oleh aktivitas masyarakat PETI yang menggunakan mesin dong feng dan exsapator. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa kerusakan lingkungan alam diakibatkan ada terjadinya perubahan paradigma masyarakat yang didukung oleh faktor internal dan eksternal. Adapun paradigma yang berkembang dalam masyarakat PETI bahwa paradigma keberlakuan etika dan moral hanya pada manusia saja, perilaku masyarakat yang konsumtif dan hedonis. Filsafat lingkungan menawarkan sebuah konsep pelestarian dan memanfaatkan lingkungan alam untuk mengatasi kerusakan tersebut, yakni paradigma pengelolaan lingkungan berdasarkan nilai kemanusiaan, nilai spiritual, dan berpikir yang terintegrasi antara kosmos, ilmu pengetahuan dan teknologi ramah lingkungan.

 

Kata Kunci:  Paradigma Masyarakat PETI, Kerusakan Lingkungan, Kabupaten Sarolangun.

Full Text:

PDF

References


Alexander, dkk, 2010, Etika Lingkungan, PT Kampus Media Nusantara, Jakarta.

Achmad, H, Dialektika Paradigma Pembangunan Dari Antroposentrisme Menuju Ekosentrisme-Ekofeminisme Dalam Perspektif Pancasila. Artikel http://repository.um-surabaya.ac.id. Diaskes, 23 November 2022.

Nooriah, M, 2020, Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makassar). Jurnal Universitas Negeri Makaras. (http://eprints.unm.ac.id/18970/1/Jurnal%20A.%20Nooriah%20Mujahidah%20-%201644040021%20-%20BK.pdf)

Damiri, 2019, Perilaku Masyarakat Desa Kasiro Dalam Mengelola Sumber Daya Alam (Suatu Perspektif Etika Islam) Tesis.

Firdausi, M, 2013, Tinjauan Teoritis Mengenai Pencemaran Lingkungan Akibat Limbah Industry Rumah Tangga Dihubungkan dengan Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/646/ pdf. Diakses, 18 Juni 2022.

Kusmanto dan Yuli, 2014, Rekonstruksi Paradigma Ilmu Pengetahuan Untuk Keberlanjutan Ekologis’, Sosiologi Reflektif, 9.1.

Mujiono A, 2001, Agama Ramah Lingkungan Perspektif Al-Qur’an, Paramadina, Jakarta.

Muhirdan, 2018. Etika Lingkungan Hidup Dalm Al-Qu’an. Tesis.

Sukanda, H, 2009. Penegakan Hukum Lingkungan. Sinar Grafika, Jakarta.

Sutoyo, 2013, Paradigma Perlindungan Lingkungan Hidup, ADIL: Jurnal Hukum Vol. 4 No.1.

Soni K, 2010, Etika Lingkungan, PT Kampus Media Nusantara, Jakarta.

Gushevinalti, 2010. Telaah Kritis Perspekttf Jean Baudrilard Pada Perilaku Hedonisme Remaja. Jurnal IDEA, FISIPOL UMB, 1-86, Vol. 4. No. 15, Maret.

Laksmi Gondokusumo Siregar, 2010. Filsafat Lingkungan Paradigma Baru Untuk Para Arsitek. Jurnal Bumi Lestari, Vol. 10, No. 1, Februari




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v9i2.9532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Munsarida Damiri Hubul Hoir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats