FENOMENA UMRAH BACKPACKER PEREMPUAN TANPA MAHRAM PERSPEKTIF MASLAHAH

Nabilla Amirah (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia)
Salma Salma (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia)
Rahmat Hidayat (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia)

Abstract


Pelaksanaan umrah di Indonesia umumnya diselenggarakan oleh agen travel yang memiliki izin sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang berada dibawah tanggung jawab pemerintah melalui Kementrian Agama, namun banyak orang yang terkendala dengan biaya yang cukup mahal sehingga memutuskan untuk mencari alternatif lain, kehadiran umrah backpacker akhir-akhir ini menjadi salah satu pilihan dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci ditengah meningkatnya semangat umrah dengan bugdet yang minim. Tak terkecuali kegiatan umrah backpacker ini dilaksanakan oleh perempuan tanpa mahram. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pelaksanaan umrah backpacker, dan merincikan kemaslahatan fenomena umrah backpacker oleh perempuan tanpa mahram. Penelitian ini menggunakan kerangka penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan pembagian angket. Peneliti melakukan pembagian angket kepada perempuan yang sudah pernah melaksanakan kegiatan umrah backpacker. Data sekunder diperoleh melalui pengkajian terhadap buku, artikel jurnal, laporan penelitian dan data lainnya yang sesuai dengan tema penelitian. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif kualitatif yang selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan fenomena umrah backpacker yang terjadi bukanlah mandiri secara keseluruhan tetapi hanya dalam segi waktu pelaksanaan dan biaya yang relatif murah dari umrah yang pada umumnya, dikarenakan untuk pengurusan masih melibatkan biro perjalanan. Kemaslahatan yang ditimbulkan seperti  tidak terbatasnya waktu untuk beribadah, biaya yang relatif lebih murah. Namun juga tidak sedikit mudharat yang akan diterima seperti dari segi keamanan, pengurusan fasilitas yang lebih menguras waktu, makan yang tidak terjaga, dan rawan tersesat jika baru pertama kali melaksanakan umrah mandiri. Berkaitan dengan umrah backpacker Bersama-sama orang yang telah pernah melaksanakan umrahatau dalam arti lain hanya dari segi tidak memakai biro perjalanan maka masuk dalam maslahah kategori hajiyyah dengan menggantikan peran mahram biologis dengan teman serombongannya yang dalam hal ini tidak membawa kemudharatan dan kehancuran serta kesulitan pada wanita tersebut.


Keywords


Maslahah, Safar Tanpa Mahram, Umrah Backpacker

Full Text:

PDF

References


Alfirdausia, Annisa. 2023. “Pelaku Umrah Backpacker.”

Asfilia, Febi. 2023. “Pelaku Umrah Backpacker.”

Basir, Abdul. 2023. “Umrah Backpacker, Gak Bahaya Tah?” Kementrian Agama Republik Indonesia. 2023.

Hampton, Mark P. 1998. Backpacker Tourism dan Economic Development. New Zealand.

Hefi, Nada. 2023. “Pelaku Umrah Backpacker.” Padang.

Iskandar, Dudi. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pati: Maghza Pustaka.

Kusumaningtyas, Menur. 2018. “Umroh Backpacker: Prospek, Kendala dan Strategi Pengembangannya.” Media Mahardika 16 (2).

M, Fakhruddin, dan Achmad Ubaidillah. 2021. “Phenomenon of Umrah Backpacker Implementation: Case Studies in Bekasi and Bogor.” In Proceedings of the 3rd International Symposium on Religious Life, ISRL 2020, 2-5 November 2020, Bogor, Indonesia. EAI. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2020.2305065.

Menur Kusumaningtyas. 2019. “HAJI BACKPACKER : PELUANG DAN TANTANGAN.” MALIA (TERAKREDITASI) 11 (1): 39–50. https://doi.org/10.35891/ml.v11i1.1726.

Miski. 2020. “Nalar Heremenutis Ulama Hadis: larangan Perempuan Bepergian Tanpa Mahram dalam Ruang Sejarah Pemahaman.” Dinika 5 (1).

Nazahah, Inayah, dan Amir Sahidin. 2021. “Hukum Safar Wanita Tanpa Mahram Menurut Pandangan Para Ulama.” Jurnal Penelitian Medan Agama 12 (2).

Pitaya, Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, dan Mohd Hafiz Hanafiah. 2021. “Not OnlyAbout Price But Also Lifestyle: Recent Phenomena of Backpacker Umrah in Indonesia.” Economica: Jurnal Ekonomi Islam 12 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.21580/economica.2021.12.1.7038.

Qisthi, Ihya. 2023. “Pelaku Umrah Backpacker.”

Safitri, Yolanda. 2023. “Pelaku Umrah Backpacker.” Padang.

Setiawan, Alvin. 2023. “Jemaah Umrah Naik, Permintaan Kamar Hotel Melonjak 301 %.” detik.com. 2023




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v9i2.10431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nabilla Amirah, Salma Salma, Rahmat Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats