PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN POKOK BAHASAN BANGUN RUANG

Eka Sartika Pramono, Abdul Sattar Daulay

Abstract


Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan guru masih monoton sehingga siswa mudah bosan. Pendekatan yang digunakan guru belum tepat yang mengakibatkan siswa belum efektif dalam proses pembelajaran. Sehingga kreativitas dan berpikir kritis belajar matematika siswa masih rendah dan nilai hasi belajar yang diperoleh siswa masih di bawah KKM.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis belajar matematika siswa di kelas X-9 SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini yang menjadi setting penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Padangsidimpuan dan subjek penelitian adalah kelas X-9 yang berjumlah 36 siswa.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi siswa yang dilakukan dan didukung oleh tes hasil belajar siswa. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan didukung oleh tes hasi belajar. Di dalam analisis data observasi ada dua data pokok yaitu proses dan data hasil. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik komparasi (membandingkan) yaitu membandingkan kondisi antara siklus pertaman dengan siklus kedua.

Dari hasil penelitian bahwa pada siklus I pertemuan pertama kreativitas dan berpikir kritis belajar matematika siswa masih rendah, kemudian meningkat pada pertemuan kedua yaitu setiap indikator-indikator dari kreativitas dan tes berpikir kritis belajar matematika siswa meningkat. Karena peningkatan kreativitas dan berpikir kritis belajar matematika siswa belum memenuhi dari aspek yang diamati maka dilanjutkan ke siklus II, yaitu pada pertemuan pertama indikator-indikator kreativitas dan tes berpikir kritis siswa meningkat pada pertemuan pertama. Dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua indikator-indikator kreativitas dan tes berpikir kritis  sudah memenuhi bahkan melebihi dari aspek yang diamati yaitu 80%. Lalu peningkatan kreativitas dan berpikir kritis didukung oleh peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam setiap siklus. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis matematika siswa kelas X-9 SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.

Keywords


Contextual Teaching and Learning (CTL), Kreativitas, Berfikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Achmad Arief, “Memahami Berpikir Kritis” 2007, http://researchengines.com/1007arief3,html.

Aisyah Siti, “Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas VIII MTS Al-Washliyah Tembung Tahun ajaran 2009/2010” Skripsi, IAIN Medan, 2009.

Ali Mohammad dan Mohammad asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.

Arifin, Zainal. Evaluasi Instruksional Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1991.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Asrul dan Amiruddin Siahaan (ed), Panduan Penulisan Skripsi Mahasiswa Peningkatan Kualifikasi Guru MI dan PAI melalui Program Dual Mode System (Medan: Kementrian Agama IAIN Sumatra Utara, 2010.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Djumransjah. Pengantar Filsafat Pendidikan Malang: Bayumedia Publishing, 2004.

Fisher Alec, Berpikir Kritis Sebuah Pengantar Jakarta: Erlangga, 2009.

Hayat Saepul Deny, Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Kontekstual http://dsh2.wordpress.com, diakses pada tanggal 12 Maret 2011.

http://eko 13. Wordpress. Com /2008/03/16/ciri-ciri dan factor yang mempengaruhi kreativitas/.

Kunandar. Guru Profesional Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Martini. Pembelajaran Standar Proses Berkarakter Jakarta: Prenada, 2011.

Utami Munandar, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.

Salim. Peter dan Yenny Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer Jakarta: Modern English Press, 1991.

Setiawan, Conny. Pendekatan Keterampilan Proses Jakarta: PT Gramedia, 1992.

Soemanto Wasty, Psikologi Pendidikan Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Sumiati dan Asra. Metode Pembelajaran Bandung: CV. Wacana Prima, 2008.

Suryadipura Prayana, Alam Pikiran Semarang: Bumi Aksara, 2005.

Syafaruddin dan Irwan, Manajemen Pembelajaran Ciputat: PT. Ciputat Press, 2005.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Tim Citra Umbara, Undang-Undang R.I Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintahan R.I. Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar Bandung: Citra Umbara, 2012.

Tim Citra Umbara, Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Guru dan Dosen Bandung: Citra Umbara, 2012.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: Kencana, 2010.

Undang-undang Dasar Tahun 1945 Amandemen I, II, III, IV Jakarta: Pustaka Sandro Jaya, t. th.

Wahidah Ida, “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mas Darul Ikhlas Panyabungan Tahun Ajaran 2011/2012” Skripsi, STAIN Padangsidimpuan,2008.




DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v5i02.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains

Tadris Matematika FTIK IAIN Padangsidimpuan

ISSN: 2338-8706  (print), 2580-7145 (online)

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan

Sumatera Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: logaritma.tmm@gmail.com