Editorial Policies

Focus and Scope

Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains adalah jurnal yang didedikasikan untuk penelitian asli atau konseptual tentang pengajaran dan pembelajaran matematika dan ilmu-ilmu kependidikan dan sains.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

Etika Publikasi

Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains tersedia dalam bentuk cetak dan online yang diterbitkan dua kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember oleh Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Padangsidimpuan. Pernyataan etika publikasi ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu penulis, pemimpin redaksi, dewan editorial, peer-review dan penerbit (Tadris/ Pendidikan Matematik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan).

 

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Publikasi sebuah artikel dalam jurnal logaritma yang ditinjau peer-reviewed merupakan hal yang penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah gambaran langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel yang diulas rekan mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit, dan masyarakat.

Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Padangsidimpuan sebagai penerbit Jurnal Logaritma mengambil tanggung jawab tinggi dalam melakukan tugas-tugasnya atas semua tahapan penerbitan berdasarkan etika publikasi kami. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh terhadap keputusan editorial.

 

Keputusan Publikasi

Editor Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang diajukan harus dipublikasikan di jurnal. Pertanyaan dan komentar penting dari reviwers dan penulis akan dipertimbangkan dalam keputusan publikasi. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Fair Play

Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka terlepas dari ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari author yang sesuai, reviewers, potential reviewers, other editorial advisers, dan penerbit yang sesuai. 

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. 

Etika Publikasi untuk Reviewers Jurnal

- Reviewers harus membantu meningkatkan kualitas artikel yang dikirimkan dengan meninjau ulang naskah dengan hati-hati, pertimbangan dan obyektivitas, tepat waktu.

- Reviewers harus memberi tahu editor jurnal tentang segala konten yang diterbitkan atau dikirimkan yang serupa dengan materi yang sedang ditinjau, atau dugaan plagiarisme.

- Reviewers harus menyatakan potensi konflik kepentingan terkait dengan artikel atau penulis tertentu.

- Reviewers harus menghormati kerahasiaan informasi atau materi apa pun selama proses peninjauan. 

Etika Publikasi untuk Penulis Jurnal

- Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan akun yang akurat dari pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan yang tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

- Penulis harus menyatakan bahwa semua karya dalam karya yang mereka kirimkan adalah asli, dan mengutip konten dari sumber lain dengan tepat untuk menghindari plagiarisme.

- Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan manuskrip yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

- Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada penulis bersama yang tidak pantas dimasukkan di atas kertas, dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

- Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri, maka kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.

Editor dan reviewers akan memastikan bahwa artikel yang dikirim ke jurnal adalah studi asli yang belum dikirim ke tempat lain. Naskah akan ditinjau secara adil dan obyektif; penulis akan menerima koreksi dan saran relatif cepat tergantung pada ketersediaan dan keahlian reviewers.



OJS and Modified By IAIN Padangsidimpuan