Peran Istri Nelayan dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal

Sholeh Fikri* -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran istri nelayan dalam meningkatkan ekonomi keluarga, untuk mengetahui hambatan istri nelayan dalam meningkatkan ekonomi keluarga, dan untuk mengetahui dampak ekonomi dari peran istri nelayan. Metode penelitian yang  digunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu istri nelayan yang ikut berperan dalam kegiatan ekonomi, dan sumber data sekunder yaitu dari Kepala Desa yang dipandang cukup memberi penjelasan, tetangga. Hasil penelitian mendapatkan bahwa istri nelayan di luar rumah melakukan empat aktivitas ekonomi yaitu sebagai pemasar ikan 3 orang, buruh pemilah ikan asin 3 orang, penjual lontong 2 orang, dan penjual lauk keliling 2 orang. Hambatan yang dirasakan istri nelayan dalam menjalankan aktivitas ekonominya terjadi jika cuaca buruk seperti musim hujan dan musim badai, cuaca buruk ini sangat berpengaruh pada pekerjaan istri nelayan terutama sebagai pemasar ikan dan buruh pemilah ikan asin dan hambatan lainnya yaitu tingkat persaingan yang tinggi, semakin banyak istri nelayan yang ikut bekerja maka semakin banyak pula persaingan dalam berwirausaha. Istri nelayan di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing memberikan dampak positif, yaitu dapat dilihat dari peningkatan pendapatan keluarga sebesar  Rp2.700.000/bulan atau 50,98  dari pendapatan total keluarga yang berjumlah Rp4.660.00 sehingga dapat terpenuhi  kebutuhan rumah tangga, membiayai pendidikan anak sekolah, serta dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung.

  1. Aini, Dania Nurul, “Strategi PenyeimbangannPeran Ganda Perempuan “, Skripsi, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016.

    Alifia, Asyiva Suci, “Pandangan Tokoh Masyarakat NU dan Muhamamdiyah Terhadap Perempuan bekerja Mencari Nafkah Keluarga”, Journal of Islamic Family Law, Volume 1, No. 2, 2021.

    Farihacha Elys, Wanita Antara Karir dan Keluarga, Surabaya: CV. Global Aksara Pers, 2021

    Firdaus Maulana, Rikrik Rahadian, “Peran Istri Nelayan Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga, “Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Volume 10, No. 2, 2015.

    Hunawa,Rahmawati ,“Kedudukan suami istri (Kajian Surah An-Nisa 4:34), Journal penelitian dan Pemikiran Islam, Volume 22, No.1, Januari 2018.

    Kuncoro, Amin dan Kadar, “Pengaruh Pemberdayaan Perempuan Dan Peningkatan Sumberdaya Ekonomi Keluarga", Jurnal Studi Gender Dan Anak; Volume 1, No. 1, 2016.

    Perpustakaan Nasional, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jakarta: Cahaya Widya, 2015.

    Ramadani, Ninin, “Implikasi Peran Ganda Perempuan Dalam Kehidupan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat”, Jurnal Sosietas, Volume 6, No. 2, September 2016.

    Sari, Febriani, “Peran Istri Dalam Membantu Perekonomian Keluarga”, Jurnal Ekonomi Islam, Volume 2, No. 3, 2019.

    Sukesi,Keppi, Gender dan Kemiskinan di Indonesia, Malang: UB Press, 2015.

    Sunarto, Kamanto, Pengantar Sosiologi , Jakarta: Lembaga fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2007.



 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id