Peningkatan Kompetensi Mahasiswa PMI: Pengalaman dari Praktik Lapangan di Dua Lembaga Mitra, Indonesia

Icol Dianto* -  Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi pengalaman praktik lapangan mahasiswa Program studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (PMI FDIK UIN Syahada) Padangsidimpuan. Pertanyaan mayor yang akan dijawab adalah bagaimana praktik lapangan berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa? Metode yang digunakan adalah kualitatif eksploratif dan data primer dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan instrumen google form kepada 12 orang mahasiswa. Selain itu, wawancara dilakukan terhadap kepala laboratorium, dosen supervisor, dan ketua program studi. Hasil penelitian menemukan bahwa praktik lapangan mahasiswa PMI FDIK UIN Syahada Padangsidimpuan memiliki kontribusi yang sangat terbatas terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa. Partisipasi mahasiswa mengikuti praktik lapangan optimal namun mereka meragukan kemampuan mereka, baik pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk praktik. Pada sisi lain, pengelolaan praktikum dan peran dosen supervisor perlu dirumuskan dengan baik. Rekomendasi diterbitkan untuk penyelenggara praktik lapangan, supervisor, lembaga mitra, dan mahasiswa.

 

Keyword: Kompetensi, Praktik Lapangan, Supervisor, Laboratorium, Dakwah

 

 


This study aims to elaborate on the field practice experience of students of the Islamic Community Development study program, Faculty of Da'wah and Communication Sciences, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (PMI FDIK UIN Syahada) Padangsidimpuan. The primary question that will be answered is how field practices contribute to improving student competence. The method used was exploratory qualitative, and primary data were collected through structured interviews using Google Form instruments with 12 students. In addition, interviews were conducted with laboratory heads, supervisory lecturers, and heads of study programs. The study's results found that the field practice of PMI FDIK UIN Syahada Padangsidimpuan students needed more contributions to improving student competence. Student participation follows optimal field practice, but they need to be more confident in their abilities, knowledge, and skills relevant to practice. On the other hand, practicum management and the role of supervisory lecturers need to be well formulated. Recommendations are issued for field practice organizers, supervisors, partner institutions, and students.

 

Keywords: Competence, Field Practice, Supervisor, Laboratory, Da'wah

  1. Adi, Isbandi Rukminto. Kesejahteraan Sosial: Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan. 2 ed. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
  2. Adininggar, Dika Ayu, dan Achmad Ali Wafa. “Analisis Permasalahan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 9, no. 1 (1 Maret 2016): 11–21. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1618.
  3. Apgar, Dawn. “The Great Divide Between Social Work Educational Policy and Licensure Examinations: Differing Approaches to Identifying Competency That Are Challenging the Profession.” Journal of Social Work Education 57, no. 3 (3 Juli 2021): 519–33. https://doi.org/10.1080/10437797.2019.1671273.
  4. Aziz, Moh Ali, Rr Suhartini, dan A. Halim. Dakwah Pemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi Metodologi. Surabaya: Pustaka Pesantren, 2005.
  5. Bartin, Tasril. “Urgensi Pengembangan Kompetensi Pamong Belajar Dalam Pelayanan Program Pendidikan Luar Sekolah Sebagai Bagian Upaya Pemberdayaan Masyarakat Desa,” 210–24. Padang: Universitas Negeri Padang, 2016. http://repository.unp.ac.id/629/.
  6. Benton, Amy D., Erica Feinman, Elizabeth D. Gonzalez, Alexandra J. Rosen, dan Lindsey Anderson. “Outcomes of a Bundled Intervention Approach: Analyzing an Enhanced MSW Training Project for Integrated-Care Settings.” Journal of Social Work Education 58, no. 2 (3 April 2022): 278–90. https://doi.org/10.1080/10437797.2020.1841698.
  7. Boyatzis, Richard E. “Competencies in the 21st century.” Disunting oleh Richard Boyatzis. Journal of Management Development 27, no. 1 (1 Januari 2008): 5–12. https://doi.org/10.1108/02621710810840730.
  8. ———. “Managerial and Leadership Competencies: A Behavioral Approach to Emotional, Social and Cognitive Intelligence*.” Vision 15, no. 2 (1 Juni 2011): 91–100. https://doi.org/10.1177/097226291101500202.
  9. Clark, Chris. “Competence and Discipline in Professional Formation.” The British Journal of Social Work 25, no. 5 (1 Oktober 1995): 563–80. https://doi.org/10.1093/oxfordjournals.bjsw.a056216.
  10. Daniel, Fernanda, dan Helena Espirito-Santo. “Values, Ethics and Theoretical Perspectives of the Hartford Social Competency Scale-II: Factorial Structure and Reliability of a Portuguese Version.” The British Journal of Social Work 52, no. 5 (t.t.): 2633–48. https://doi.org/10.1093/bjsw/bcab210.
  11. Dianto, Icol. ‪Integrasi Ilmu Dakwah dan Social Work‬. 1 ed. Tangerang Selatan: Dialektika, 2022. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=7Xy9pocAAAAJ&citation_for_view=7Xy9pocAAAAJ:TFP_iSt0sucC.
  12. ———. “Problematika Pendamping Desa Profesional dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Padangsidimpuan.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan 18, no. 2 (8 Februari 2019): 239. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.2829.
  13. ———. “Problematika Pendamping Desa Profesional Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Kota Padangsidimpuan.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 18, no. 2 (8 Februari 2019): 239–58. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.2829.
  14. Dominelli, Lena, dan Simon Hackett. “Social Work Responses to the Challenges for Practice in the 21st Century.” International Social Work 55, no. 4 (1 Juli 2012): 449–53. https://doi.org/10.1177/0020872812440784.
  15. Drisko, James W. “Competencies and Their Assessment.” Journal of Social Work Education 50, no. 3 (3 Juli 2014): 414–26. https://doi.org/10.1080/10437797.2014.917927.
  16. Duan, Wenjie, Qiujie Guan, Junrong Sheng, dan Bo Qi. “Initial Development of the Social Work Core Competency Inventory.” The British Journal of Social Work 50, no. 3 (1 April 2020): 722–40. https://doi.org/10.1093/bjsw/bcz013.
  17. Hapsari, Pungky, dan Purweni Widhianningrum. “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kinerja Mahasiswa Calon Guru.” Journal of Accounting and Business Education 2, no. 1 (6 September 2016): 1–10. https://doi.org/10.26675/jabe.v2i1.6050.
  18. Hashona, Achmad Hasmi. “Kajian Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 12, no. 2 (25 Januari 2016): 333–52. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.232.
  19. Kalimantara, Brenda Resti Febrianti. “Manajemen Quality Assurance Sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Sekolah.” JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) 1, no. 1 (2016): 52–59.
  20. Kementerian Agama RI. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Pendis Press. Jakarta: Kemenag RI, 2021. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/6.
  21. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. “Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa.” Jakarta: JDIH Kemendesa, 2015.
  22. Kementerian Sosial Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2018 Tentang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.” Jakarta: JDIH Kemensos, 2018.
  23. Kementerian Sosial RI. “Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pekerja Sosial.” JDIH BPK RI. Diakses 23 September 2020. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/122024/uu-no-14-tahun-2019.
  24. Kriyanto, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2006.
  25. Lubis, Adlan Fauzi. “Manajemen Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Di Perguruan Tinggi Islam.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (28 September 2020): 146–58. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1248.
  26. Miles, Matthew B., dan Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An expanded Sourcebook. 2 ed. United Kingdom & USA: SAGE Publication Inc, 1994. https://id1lib.org/book/874803/d61f85.
  27. Mutiara, Tri. “Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Program Pengalaman Lapangan terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2017/2018.” Undergraduate, UNIMED, 2018. https://doi.org/10/13.%20NIM.%207142141049%20CHAPTER%20V.pdf.
  28. Nawawi, Muhammad. “Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Tenaga Kesehatan terhadap Kinerja Pusat Kesehatan Masyarakat.” Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan 28, no. 1 (2012): 7437. https://www.neliti.com/publications/7437/.
  29. Nuttman-Shwartz, Orit, dan Rebecca Ranz. “A Reciprocal Working Model for Fieldwork with International Social Work Students.” The British Journal of Social Work 44, no. 8 (1 Desember 2014): 2411–25. https://doi.org/10.1093/bjsw/bct080.
  30. Pawar, Manohar, dan AW Bill Anscombe. Enlightening professional supervision in Social Work: Voices and virtues of supervisors. Switzerland: Springer, 2022.
  31. Rukminto, Isbandi. Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.
  32. Tim Penulis. “Kurikulum KKNI Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam.” LPM IAIN Padangsidimpuan, 2020.
  33. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. “Profil Lulusan Prodi PMI.” Diakses 14 Februari 2023. https://pmi.uin-suka.ac.id/id/page/prodi/2352-Profil-Lulusan-Prodi-PMI.
  34. Yulianto, Aditya, dan Muhammad Khafid. “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional.” Economic Education Analysis Journal 5, no. 1 (2016). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9989.
  35. Zastrow, Charles. The Practice of Social Work: A Comprehensive Worktext. 8 ed. USA: COLE Publishing, 2007.
  36. Zuchowski, Ines, Simoane McLennan, dan Tarun Sen Gupta. “Evaluation of Social Work Student Placements in General Practice.” The British Journal of Social Work, 3 Januari 2023, bcac244. https://doi.org/10.1093/bjsw/bcac244.


 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id