Implementasi Dakwah Pemberdayaan Pendidikan Terhadap Anak di Era Digital

Retha Anjelitha* -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan dakwah melalui pemberdayaan pendidikan. pelaksanaan dakwah melalui pemberdayaan pendidikan di era digital ini sangatlah penting. Dimana banyak terjadi gempuran digitalisasi terhadap kalangan anak muda khususnya yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang seorang anak. Pengaruh ini dimulai dari pola pemikiran, tingkah laku, hingga adab sopan santun anak terhadap orang yang lebih tua darinya. Kebiasaan anak dalam bermain gadget tanpa kenal waktu menjadi fokus problematika dalam penelitian ini. Dibersamai dengan munculnya pandemi Covid-19 yang sangat problematik khususnya di dunia pendidikan ini juga sangat berpengaruh terhadap pola kebiasaan anak, yang mana anak-anak harus menjalani pendidikannya secara daring dirumah dengan maksud agar terputusnya rantai penyebaran Covid-19. Namun, justru hal itulah yang membuat pendidikan seorang anak itu terbengkalai dan terkalahkan oleh gadget. Hingga kemudian pemuda Desa Subah berinisiatif untuk mendirikan sebuah wadah sebagai upaya pemberdayaan pendidikan anak dengan didirikannya Taman Pustaka Rakyat.

Kata Kunci: Dakwah pemberdayaan pendidikan anak, era digital, pandemi Covid-19, Taman Pustaka Rakyat.

  1. Achmad, Amrullah. n.d. Dakwah Islam Dan Perubahan Sosial: Suatu Kerangka Pendekatan Dan Permasalahan. Yogyakarta: Pusat Latihan, Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (PLP2M).

    Anwas, M. Oos. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. Bandung: ALFABETA.

    Faqih, Ahmad. 2021. SOSIOLOGI DAKWAH Teori Dan Praktik. II. Semarang: CV. Karya Abadi Jaya.

    Muhammad Syukri, Abadi. 2019. “Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Islam.” IAIN SALATIGA.

    Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Vol. 1. Surakarta. http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf.

    Ridla, M. Rosyid, Afif Rifa’i, and Suisyanto. 2017. PENGANTAR ILMU DAKWAH Sejarah, Perspektif, Dan Ruang Lingkup. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. I. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

    Suwartini, Sri. 2017. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” Humaniora 4 (1): 115–24. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf.

    UNESCO. 2020. “Educational Disruption and Response.”

    Utami, Ajeng Dini. 2019. Buku Pintar Pemberdayaan Masyarakat Desa. Yogyakarta: Indoliterasi.

    Widiastuti, Siti Kurnia. 2015. Needs Assessment Sebagai Metode Penelitian Dalam Merancang Program Pemberdayaan Masyarakat. I. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

    Zaini, Ahmad. 2017. “Dakwah Dan Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan.” Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 37 (2, Juli-Desember): 284–301. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/dakwah/article/view/2708.



 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id