DETERMINAN MINAT MEMBELI MAKANAN HALAL PADA MASYARAKAT DI DESA MALINTANG JAE

Author


Lina Warni Batubara(1Mail), Abdul Nasser Hasibuan(2), Muhammad Wandisyah R. Hutagalung(3),
(1) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic

Available online: 2024-02-02  |  Published : 2024-02-02

Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 17 times

Abstract


Seorang Muslim Wajib mengkonsumsi sesuatu yang halal dan menjauhkan diri dari yang haram. Namun, pada praktiknya konsumen muslim hanya fokus kepada makanan dan minuman tanpa memperhatikan kehalalan makanan tersebut. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemahaman dan sikap terhadap minat beli makanan halal pada masyarakat di Desa Malintang Jae. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman dan sikap terhadap minat beli masyarakat Desa Malintang Jae.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan pemahaman dan sikap  masyarakat sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap minat beli makanan halal dalam buku Kotler and Keller "Manajemen Pemasaran" Teori yang dibahas dalam penelitian ini sikap adalah evaluasi, perasaan emosional, kecenderungan tindakan yang menguntungkan atau tidak menguntungkan diri seseorang terhadap suatu obyek atau gagasan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan regresi linear berganda. Jumlah responden yang akan diteliti sebanyak 87 masyarakat yang berusia 21 sampai 60 tahun. Pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas dan analisis linear berganda, dengan uji simultan dan uji parsial kemudia koefisien determinasi.

Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji parsial (t) menunjukkan bahwa variabel pemahaman memiliki thitung > ttabel yang berarti Ha1 diterima. Jadi dapat disimpulkan secara parsial (uji t), pemahaman berpengaruh terhadap minat beli masyarakat dalam membeli makanan halal. Berdasarkan hasil uji parsial (t) sikap memiliki memiliki thitung > ttabel maka Ha2 diterima. Jadi dapat disimpulkan secara parsial (uji t) bahwa sikap berpengaruh positif terhadap minat beli masyarakat dalam membeli makanan halal. Berdasarkan hasil uji simultan (F) diketahui Fhitung>Ftabel dapat disimpulkan bahwa pemahaman dan sikap berpengaruh terhadap minat beli pada  masyarakat.

 


References


Ahmad Izzuddin. (2018). Pelngaruh Labell halal, Kelsadaran Halal dan Bahan makanan Telrhadap Minta Belli Makanan Kulinelr. Jurnal Pelnellitian IPTElK , 3 (2).

Daniell Dama. (2016). Analisis Faktolr-Faktolr yang Melmpelngaruhi Minat Belli Kolnsumeln Dalam Melmilih Laptolp Acelr di Tolkol Lelstari Kolmputelr Manadol. Jurnal Belrkala Ilmiah Elfisielnsi , 16 (1).

Kotler P. (2015). Manajemen Pemasaran Analisis. Jakarta: Press Media.

LP POlM MUI. (2005). Melnelntramkan Umat. Jurnal Halal (59).

Mashudi. (2015). Konstruksi Hukum & Respons Masyarakat Terhadap Sertifikasi Produk halal. Yogyakarta: Pustaka Pellajar.

Nurul Huda. (2012). Lembaga Keuangan Islam. Jakarta: Kencana.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Yunus. (2014). Pelrilaku Kolnsumeln Muslim Melmbelli Makanan Ollahan. Jakarta: Prolceldia.

Zulham . (2018). Peran Negara Dalam Perlindungan Konsumen Muslim Terhadap Produk Halal. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.