ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN WISATA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI DESA (Objek Wisata Sawah Sabarang Desa Padang Bulan Kecamatan Kotanopan)

Author


Fadilah Nabila(1Mail), Delima Sari Lubis(2), Aliman Syahuri Zein(3),
(1) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 55KB]  Language: id
Available online: 2023-08-04  |  Published : 2023-08-04

Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 97 times XML Downloaded: 52 times

Abstract


Salah satu bentuk pengembangan yang menempatkan masyarakat atau komunitas setempat dalam pengelolaannya adalah desa wisata. Pengembangan sektor pariwisata dapat memberikan manfaat dan keuntungan yaitu secara ekonomi, sosial dan budaya. Potensi pariwisata dapat menjadi keunggulan dan ciri khas daerah yang mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya. Pengembangan wisata sangat perlu dilakukan termasuk pada Objek Wisata Sawah Sabarang. Potensi yang ada pada wisata harus dikembangkan untuk mendapatkan keuntungan termasuk dalam meningkatkan ekonomi desa, oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut bisa didapatkan dengan melakukan pengembangan potensi yang ada dengan cara yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan wisata dalam meningkatkan ekonomi desa.

Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan ilmu ekonomi dalam bidang ilmu kepariwisataan, yaitu strategi pengembangan wisata yang dilakukan menjadi masalah penting, karena untuk menjaga objek wisata agar tetap mempertahankan eksistensinya perlu menggali potensi sumber daya alam yang ada dan menciptakan daya tarik baru untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi desa.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengelola, pengurus, pengunjung, serta pelaku usaha di Objek Wisata Sawah Sabarang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian analisis potensi pengembangan wisata dalam meningkatkan ekonomi desa di Objek Wisata Sawah Sabarang Desa Padang Bulan Kecamatan Kotanopan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan wisata sudah dijalankan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti program-program yang belum sepenuhnya dapat dijalankan. Pengembangan Wisata Sawah Sabarang penting dilakukan karena berdampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat desa dengan memberikan peluang kerja dapat dibuktikan dengan adanya pemberdayaan anak muda setempat salam pengelolaan wisata seperti penjaga tiket, penjaga parkir dan petugas kebersihan, serta beberapa dari masyarakat desa sudah membuka usaha dengan berjualan di Objek Wisata Sawah Sabarang, adanya hal tersebut dipastikan pengembangan potensi di Objek Wisata Sawah Sabarang mampu meningkatkan ekonomi desa.

 

 

Kata Kunci: Potensi, Pengembangan, Pariwisata, Ekonomi Desa.

 


References


Abdul Manan. (2019). BUMDesa Penggerak Ekonomi Desa. Jakarta: Balilatpo.

Aniek Rumijati. (2021). Peningkatan Potensi Desa Wisata Mellaui Pengembangan Kemasan Oleh-Oleh. Jurnal Inovasi Hasil Pengambdian Masyarakat .

Ar Royyan. (2018). Ekonomi Desa. aceh: Natura Aceh.

Cornard Hendrarto. (2020). Membangun Ekonomi Berkeadilan Di Desa Melalui BUMDesa Syariah. Jakarta: Kencana.

Eddyono Fauziah. (2021). Pengelolaan Destinasi Wisata. Ponorogo: Uwais Insprirasi Indonesia.

Edwin Basmar. (2021). Ekonomi Bisnis Indonesia. Makassar: Yayasan Kita Menulis.

Frety Matahelumul. (2020). Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata Di Negeri Amahusu dan Ltuhalat Kec. Nusaniwe Kota Ambon. Jurnal Multidisiplin Madani 2 .

Gusti Bagus Rai Utama. (2014). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.

Isdarmanto. (2016). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara dan StiPram.

Kementrian Agama. (2011). Al-Quran dan Tafsirnya Jilid V. Jakarta: Widia Cahaya.

Ketut Suwena. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan .

Lily Eka Suranny. (2021). Pengembangan Potensi Desa Wisata Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perdesaan Di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Litbang Sukowati , 5.

Moch Chotib. (2015). Potensi Pengembangan Wisata Religi Di Kabupaten Jember. Jember: IAIN Jember.

Nurhayani. (2019). Analisis Pengaruh Investasi Industri Sektor Primer, Sektor Sekunder dan Sektor Tersier Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Propinsi Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika , 14.

Praja Juhaya. (2015). Ekonomi Syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Prasetio Hadi Atmoko. (2014). Strategi Pengembangan Ekonomi Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Jurnal Media Wisata 12 .

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahrun Salim . (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cita Pustaka Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.