STRATEGI PEMASARAN SYARIAH USAHA RUMAH MADU PADANGSIDIMPUAN

Author


Purnama Sari Pulungan(1Mail), Rodame Monitorir Napitupulu(2), Damri Batubara(3),
(1) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 46KB]  Language: Id
Available online: 2023-08-04  |  Published : 2023-08-04

Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 34 times XML Downloaded: 27 times

Abstract


Rumah Madu Padangsidimpuan merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang penjualan madu langsung dari hasil ternak lebah trigona yang terletak di Jl. Sudirman No. 397 A, Sadabuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Usaha  ini sudah menjualkan madu ke berbagai daerah di Indonesia. Namun, berdasarkan hasil survei peneliti menemukan masih banyak masyarakat Padangsidimpuan yang belum mengetahui Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan. Hal tersebut mengakibatkan penjualan online jauh lebih tinggi dibandingkan penjualan offline. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  strategi  pemasaran yang diterapkan di usaha rumah madu padangsidimpuan dengan menggunakan analisis SWOT dan untuk mengetahui strategi pemasaran syariah di Rumah Madu Padangsidimpuan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan tektik observasi, wawancara dengan subjek penelitian, dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Tahap pengumpulan data yaitu menggunakan matriks IFAS dan Matriks EFAS.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis pada tabel IFAS, faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total 3,12. Karena total skor diatas 2,5, berarti ini mengindikasikan posisi internal pada perusahaan begitu kuat. Hasil analisis pada tabel matriks EFAS faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 3,04. Berarti ini mengidentifikasikan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dan meminimalisir ancaman-ancaman yang ada diperusahaan. Secara garis besar ditemukan bahwa, strategi yang digunakan oleh Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan dalam mengimplementasikan strategi pemasarannya sudah sesuai dengan prinsip ekonomi islam. Karakteristik yang dijalankan oleh Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan sesuai dengan landasan pada konsep strategi pemasaran dalam islam antara lain: Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah) Humanistis (Insaniyyah), Realistis.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan Matriks IFAS dan EFAS.


References


Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.

Fauzan. Manajemen Pemasaran Syariah Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Bildung, 2019

Racmat. Manajemen Strategik. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Rahmat Rahim, Abd. dan Enny Radjab, Manajemen Strategi, Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitar Muhammadiyah Makasasar, 2017.

Rekapitulasi Omset Rumah Madu Padangsidimpuan

Rianto, M. Nur. Dasar-Dasar Perbankan Syariah. Bandung: Alfabeta, 2012.

Yulianti, Farida, dkk. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.