The Effect Of Relationship Marketing, Food Quality And Service Quality On Customer Satisfaction With Purchase Decisions As Intervening Variables

Selvi Ainul Inayah Dwiyanti (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Muchammad Saifuddin (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)

Abstract


This study aims to know role of purchase decision as a mediating effect between relationship marketing, food quality dan service quality on customer satisfaction, the sampling used 100 respondents. The data was analyzed using Partial Least Square (PLS) which consists of two stages, outer model and the inner model with the help of the SmartPLS program. 3.2 The results show that Relationship Marketing has significant effect on customer satisfaction. Relationship Marketing has significant effect on purchasing decisions. Service Quality has significant effect on customer satisfaction. Purchase decisions have significant effect on customer satisfaction. Relationship Marketing through Purchase Decisions has significant effect on Customer Satisfaction. With the results of this study, it is hoped that it can be used as input and evaluation material to improve food quality and service quality in the hope that Nelongso fried chicken has more value than other restaurants in the minds of consumers.

Keywords


Customer Satisfaction, Food Quality, Purchasing Decisions, Relationship Marketing, Service Quality

Full Text:

PDF

References


(BPS), B. P. S. (2019). No Title. In Jumlah Rumah Makan di Provinsi Jawa Timur. https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/08/1578/jumlah-rumah-makan-restoran-di-provinsi-jawa-timur-menurut-kabupaten-kota-2014-2018.html

Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit: CV Andi Offset (Penerbit Andi). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Agus Kusnaedi. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pemasaran Relasional terhadap Keputusan Pembelian dan Nilai Pelanggan serta Dampak nya pada kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa di Universitas Swasta Se-Jawa Barat yang telah Terakreditasi Institusi BAN-PT). UNPAS.

Andriawan, N. S. (2020). Program studi manajemen fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah magelang tahun 2020. Skripsi.

Astuti, K. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Citra Bank Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Memilih Produk Pembiayaan Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. 1–206.

Basu Swastha dan Hani Handoko. (2000). Manajamen Pemasaran:Analisa dan perilaku Konsumen. BPFE.

Chandra Kartika, F. H. dan E. K. (2019). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, KOMUNIKASI PEMASARAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP NIAT PERILAKU KONSUMEN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA VASA HOTEL SURABAYA. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 06(9), 1–14. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

Dadang Munandar. (2016). Relationship Marketing Mencitakan Keunggulan Bersiang. Ekuilibria.

Endar Sugiarto. (1999). Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. gramedia pustaka utama.

Fandi, T. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip Penerapan dan Penelitian. CV Andi Offset.

Fariqoh dan M. Trihudiyatmanto. (2019). Pengaruh Harga, kualitas produk dan kepuasan terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi (studi kasus pada santri ma’had mamba’ul qur’an Wonosobo). Jurnal of Economic. Bussines and Engineering, 1(1), 67.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. In Universitas Diponegoro.

Hanifah, R. D. (2019). Pengaruh Food Quality dan Kesesuaian Harga terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Gaembull Korean and Japanese Restaurant Barbeque All You Can Eat Cabang Bintaro). Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 2(2), 79–88.

Istiqomah Nur Yasinda. (2019). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan B12 di Bondowoso.

Karisma, I. (2019). Pengaruh kualitas makanan, pelayanan, bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Jagung Nyumi Surabaya. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31425

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, E. W. & B. (2017). Keamanan Pangan Produk Perikanan. UB Press.

Kusumaningtias, D. A. Y. U., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada BPRS Sukowati Sragen Cabang Boyolali).

Lestari, Y. D. (2020). IMPLEMENTASI AKAD SYIRKAH PADA WARALABA SYARIAH AYAM GORENG NELONGSO WILAYAH SURABAYA. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Lestaria, W. S., & B, A. Y. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 1–8.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Salemba Empat.

Munawaroh, E., & Krismayani, I. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 121–130. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26801

Ndubisi, N. O. (2007). Relationship marketing and customer loyalty. Marketing Intelligence and Planning, 25(1), 98–106. https://doi.org/10.1108/02634500710722425

Nining Insulandri. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Beras Sedati Garuda Sakti Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampak nya pada kepuasan konsumen di Primkopal Lanudal Juanda. Экономика Региона, 32.

Philip Kotler. (2005). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian Jilid dua. Erlangga.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Erlangga.

Philip Kotler, G. A. (2010). Prinsip – prinsip pemasaran 12 th. Jilid 2, edisi bahasa indonesia. Erlangga.

Prameta, M. I., Niaga, P. T., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2021). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap keputusan pembelian ayam goreng nelongso cabang ketintang. 9(1).

Putrayuda, T. R., & Jahrizal. (2020). Pengaruh relationship marketing , kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah penggunaan kartu kredit pada pt. bank riau kepri (studi pada cabang utama dan cabang pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XII(1), 203–219.

Rendi Yusup, A. N. (2013). Analisis Kualitas produk, dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dan implikasinya pada kepuasan pelanggan Two Way Cake Claresta Karawang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

S Fiani, M., & Japarianto, E. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’S Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–6.

Setiawan, O., Dan, E. S. S., & Purwati, A. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk di PT Asaba Pekanbaru The. Management Studies and Entrepreneurship, 1(1), 64–77.

Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465

Syahrir, Danial, Yulinda, E., & Yusuf, M. (2020). Aplikasi Metode SEM-PLS Dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan. In IPB Press, Bogor.

Synathra, V., & Sunarti. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei pada Nasabah Tabungan BCA Kantor Kas Sawojajar Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 55(1), 304.

Tendean, M. R., Mananeke, L., Roring, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2020). M . R . Tendean ., L . Mananeke ., F . Roring … PENGARUH VIRAL MARKETING , STORE LOCATION DAN FOOD QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MCDONALD ’ S MANADO THE EFFECT OF VIRAL MARKETING , STORE LOCATION AND FOOD QUALITY ON PURCHASE DECISIONS IN MCDONAL. 8(1), 146–155.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-prinsip dan penerapan. In Penerbit Erlangga.

Tjiptono Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. CV Andi Offset.

Vinna Sri Yuniarti. (2015). Perilaku Konsumen. Pustaka Setia.

Welsa, H., & Khoironi, M. (2019). Pengaruh Kualiatas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Konsumen di Restoran Toean Watiman Yogyakarta ) Henny Welsa Muhamad Khoironi. Ebbank, 10(1), 1–16.

Wicaksono, A. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada BTM BiMU Muhammadiyah, Bandar Lampung). The Marketing Book, 32–52.




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v8i1.4269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter