Inovasi Pembelajaran pada Lembaga Paud di Masa Pandemi
Ajeng Ninda Uminar
(Sekolah Tinggi Islam Tanggamus (STIT), Indonesia)
Anisa Putri
(Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Nurtina Irsad Rusdiani
(Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)
Darul Arifin
(Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji inovasi pembelajaran pada lembaga paud di masa pandemi. Menimbang pendidikan di Indonesia menjadi salah satu wadah untuk menentukan bekal generasi muda yang mampu melahirkan pembaruan yang inovatif sera produktif. Maka, proses pembelajaran dan penetapan prosedur dalam pembelajaran dibutuhkan untuk lebih mendorong aktivitas dan ketekunan belajar dikalangan masyarakat pada lembaga paud. Untuk menentukan metode pembelajaran pada anak paud dengan memperkenalkan metode pembelajaran serta menetapkan wadah yang nyaman baik secara individual, kelompok, kegiatan di dalam maupun lapangan, untuk meningkatkan kualitas belajar anak agar lebih produktif. Di masa pandemi ini banyak ditemukan anak-anak lebih suka bermain dan kurang efektif dalam belajar, untuk itu guru paud ditekankan lebih memperhatikan proses pembelajaran anak pada wadah yang sesuai. Penelitian ini menerapkan metode wawancara (interview) yang berupa metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini berupa responden dan observasi. Teknik pengumpulan data berupa laporan penelitian. Sedangkan analisis data menerapkan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan belajar anak bangsa didasarkan pada pengaruh lingkungan sekitar, pendidik perlu mengembangkan arah belajar anak diwadah yang sesuai.