Inovasi Pembelajaran pada Lembaga Paud di Masa Pandemi

Ajeng Ninda Uminar (Sekolah Tinggi Islam Tanggamus (STIT), Indonesia)
Anisa Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Nurtina Irsad Rusdiani (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)
Darul Arifin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji inovasi pembelajaran pada lembaga paud di masa pandemi. Menimbang pendidikan di Indonesia menjadi salah satu wadah  untuk menentukan bekal generasi muda yang mampu melahirkan pembaruan yang inovatif sera produktif. Maka, proses pembelajaran dan penetapan prosedur dalam pembelajaran dibutuhkan untuk lebih mendorong aktivitas dan ketekunan belajar dikalangan masyarakat pada lembaga paud. Untuk menentukan metode pembelajaran pada anak paud dengan memperkenalkan metode pembelajaran serta menetapkan wadah yang nyaman baik secara individual, kelompok, kegiatan di dalam maupun lapangan, untuk meningkatkan kualitas belajar anak agar lebih produktif. Di masa pandemi ini banyak ditemukan anak-anak lebih suka bermain dan kurang efektif dalam belajar, untuk itu guru paud ditekankan lebih memperhatikan proses pembelajaran anak pada wadah yang sesuai. Penelitian ini menerapkan metode wawancara (interview) yang berupa metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini berupa responden dan observasi. Teknik pengumpulan data berupa laporan penelitian. Sedangkan analisis data menerapkan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan belajar anak bangsa didasarkan pada pengaruh lingkungan sekitar, pendidik perlu mengembangkan arah belajar anak diwadah yang sesuai.

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur., 2009, Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini, DIVA Press, Jakarta.

Ali Wardhana Manalu, Perkembangan Kognitif Terhadap Pembelajaran Matematika, Jurnal DIRASATUL IBTIDAIYAH, Vol 1, No. 1. 59-71.

Gunawan Ary, 1986, Kebijakan-Kebijakan Pendidikan di Indonesia, BINA AKSARA, Jakarta.

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1), 74-92.

Istiningsih, Djohar., 2017, Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Kehidupan Nyata, Suluh Media, Yogyakarta.

Ridwan, 2021, Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini, CV Bayfa Cendekia Indonesia, Madiun.

Rusman, 2013, Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Septiriawati, Model-Model-Pembelajaran-Area-Paud, wordpress.com, artikel area-paud. diakses tgl 23 April 2022.

Dina Khairiah, (2020). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS 4 SD NEGERI 042 AEK GARUT MANDAILING NATAL, Jurnal FORUM PAEDAGOGIK, 11 (1), 106-117.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205