PERKEMBANGAN KOGNITIF TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ali Wardhana Manalu (STIT HAMZAH AL FANSURI SIBOLGA-BARUS, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Pendidikan di Indonesia sangatlah penting dalam meningkatkan mutu kualitas Bangsa. Untuk tercapainya kegiatan pendidikan di Indonesia haruslah mampu mempersiapkan modal utama yaitu sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang berkompeten. Sehingga mampu dalam mengembangkan pendidikan tidak hanya melalui media cetak saja akan tetapi, mampu menggunakan media teknologi yang canggih. Dengan begitu proses pendidikan di Indonesia akan mencapai kepada hasil yang maksimal.

Bersamaan dengan tujuan tersebut, pendidikan yang harus di tingkatkan yaitu pendidikan matematika karena di Indonesia perkembangan mata pelajaran Matematika sangatlah minim dan sangat memprihatinkan dikarenakan rendahnya dalam penggunaan teknologi dan kemampuan yang dimiliki sumber daya manusianya. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang sangat berperan penting bagi kehidupan sehari-hari. Pada proses mempraktekkan rata-rata sekolah banyak menggunakan dengan cara memberikan test dan rumus langsung kepada peserta didik. Sehingga cara seperti ini membuat kebanyakan peserta didik tidak memahami tentang teori yang di sampaikan. Terutama pada perkembangan pengetahuan (kognitif) yang dimiliki rata-rata anak MIN 2 Palopat padangsidimpuan, yang masih rendah dengan penguasaaannya. dikarenakan tidak tercapainya sumber daya manusia yang maksimal dan kurang penguasaan terhadap teknologi. Maka, dapat disimpulkan bahwa perkembangan pengetahuan pembelajaran matematika pada MIN 2 Palopat Padangsidimpuan masih minim disebabkan juga minimnya SDM dan tidak menguasai perkembangan teknologi.

Kata Kunci: Kognitif, Perkembangan Matematika, Sumber Daya Manusia.

Full Text:

PDF

References


Dr. Rusman, M.Pd., 2014, “Model-model Pembelajaran”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd, 2008, “Sistem Pembelajaran”, Jakarta: PT. Fajar Intetpratama Mandiri. Syamsu Yusuf dan Nani M. Sugandhi, 2013, “Perkembangan Peserta Didik”, Jakarta: PT. Raja wali.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah