Pengaruh Aktualisasi Diri dan Media Sosial terhadap Minat Generasi Z dalam Berwirausaha di Kota Padangsidimpuan

Ricka Handayani (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Pemilik Usaha Perdagangan Menengah dan Besar lebih banyak dari lulusan SMA dan Diploma IV/S1 yaitu 67% dimana mereka ini tergolong generasi Z. Dari tingginya persentase pemilik usaha dari generasi Z ini maka perlu kita lihat dan ketahui factor apa yang menarik minat generasi Z dalam berwirausaha. Jenis.penelitian.yang.dilakukan adalah jenis.penelitian kuantitatif. Variabel.yang.digunakan.dalam.penelitian.ini.adalah aktualisasi diri (X1), media sosial (X2), dan minat (Y). Dalam penelitian ini jumlah populasi yang akan diteliti sebanyak 349 orang wirausahawan yang memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan dalam penetapan jumlah sampel dilakukan dengan rumus Taro Yamane yaitu berjumlah 190 Responden. Berdasarkan hasil uji parsial yang telah dilakukan pada variabel aktualisasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z dalam berwirausaha. Hal ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan aktualisasi diri terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hasil uji parsial yang telah dilakukan pada variabel media sosial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z dalam berwirausaha. Untuk variabel X yaitu Aktualisasi Diri (X1), dan variabel Media Sosial (X2) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel minat (Y).


Full Text:

PDF

References


Agus Salim dan Ricka Handayani. Generasi Z dan Entrepreneurship. Bogor: Bypass, 2022.

David Stillman dan Jonah Stillman. Generasi Z (Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja), t.t.

“Dina Anggraini, Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Aktualisasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan, Skripsi, 2020,” t.t.

Muttaqiyathun, Ani, dan Ema Nurmaya. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Generasi Z,” t.t.

Natalia, Cindy, dan Rodhiah Rodhiah. “Pengaruh Kreativitas, Edukasi Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Dalam Generasi Z.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 1, no. 2 (21 Agustus 2019): 164. doi:10.24912/jmk.v1i2.5075.

Periyadi, dkk. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausha pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin.” Jurnal Ilmu Ekonomi Bisnis volume 6 Nomor 1, no. 1 (Maret 2020): 12.

Puji Lestari, Fibria Anggraini. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Berwirausaha.” Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan 3, no. 2 (1 September 2019): 65–69. doi:10.35130/jrimk.v3i2.68.

Qurniawati, Rina Sari, dan Yulfan Arif Nurohman. “eWOM PADA GENERASI Z DI SOSIAL MEDIA” 20, no. 2 (2018).

Suryana. Kewirausahaan (Kiat dan Proses Menuju Sukses). 4 ed. Jakarta: Salemba Empat, 2017.

V. Wiratna Sujarweni. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v5i1.8321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats