Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Indonesia KC Tangerang Ciputat

Siti Amelia (FIDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)

Abstract


PT Bank Syariah Indonesia Tbk (“BSI”, “Bank”) yang akan memasuki usia 2 (dua) tahun, hadir memberikan kontribusi pada industri perbankan nasional sebagai bank syariah terbesar di Indonesia. Melalui merger 3 (tiga) bank syariah milik BUMN (Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRIsyariah), pada tahun buku 2022 BSI mampu memberikan layanan terbaik kepada nasabah dan memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan, sebagaimana tergambar dalam pencapaian dan kinerja keuangan Bank. Dalam kaitan ini keberhasilan suatu perusahaan dipengaruhi oleh lingkungan kerja dan kompensasi yang diberikan. Lingkungan kerja yang baik dapat mendukung pelaksanaan kerja sehingga karyawan memiliki semangat untuk bekerja dan meningkatkan kinerja karyawan. Serta pemberian kompensasi sangatlah penting bagi karyawan karena besar kecilnya kompensasi yang diberikan merupakan tolak ukur terhadap prestasi yang dicapai oleh karyawan. Ini yang menjadi topik penelitian kami. Dimana masalah yang ajukan dalam penelitian ini yaitu, apakah ada pengaruh lingkungan kerja dan pemberian kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. BSI KC Tangerang Ciputat dan seberapa besar pengaruh lingkungan kerja dan pemberian kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. BSI KC Tangerang Ciputat. Maka tujuan yang ingin dicapai dari peneitian ini untuk mengetahui apakah kompensasi dan lingkungan kerja mempengaruhi kinerja karyawan BSI KC Tangerang Ciputat dan seberapa besar pengarhnya. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa baik kompensasi maupun lingkungan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan di BSI KC Tangerang Ciputat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel independen yang terdiri dari variabel kompensasi dan Lingkungan kerja terhadap Kinerja Karyawan di BSI KC Tangerang Ciputat.

Kata Kunci: Kompensasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Budiyanto, Eko. Kinerja Karyawan: Ditinjau dari Aspek Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja (Pendekatan Riset). (Banten: CV. AA Rizky, 2020).

Deflin Tresye Nanulaitta. Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan KSU Amboina Mekar Di Kota Ambon. (Ambon: Jurnal Politeknik Negeri Ambon, 2018).

Haholongan, R. (2018). Stres Kerja, Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Perusahaan. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1).

Latifah. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Ketapang. (Pontianak: Forum Ekonomi, 2018)

Nuria Khusna. Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di CV. Sunteak Alliance Jepara. (Semarang: Jurnal UIN Walisongo, 2015).

Pusparani, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4),534–543. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.466

Zaki Ja’far Shodiq. Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Kediri. (Ponorogo: Jurnal IAIN Ponorogo, 2020).




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v5i1.8276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats