Implementasi Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Ibadah (Studi: Masjid Taqwa Al-Muhajirin Gajahmungkur Kota Semarang)

Lukmanul Hakin (UIN Walisongo Semarang, Indonesia)

Abstract


Fungsi manajemen merupakan kegiatan dilaksankaan ketua organisasi/ketua takmir untuk mrencapai tujuan yang ingin dicapai agar dapat muncul daya tarik bagi umat islam untuk berkunjung, sekalipun pada awalnya hanya utuk melaksankan sholat. kunjungan umat islam ke masjid tentu akan membawa dampak positif bagi perkembangan peran masjid dari sekedar tempat beribadahmenjadi tempat pengembangan dakwah, berkomunikasi, bersilaturahmi, dan membina ukhwah islamiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi fungsi manajemen dalam kegiatan ibadah di Masjid Taqwa Al-Muhajirin Kecamatan Gajahmungkur KotaSemarang. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan sumber data primer yaitu hasil wawancara dan observasi serta data sekunder berupa jurnal, buku, dokumen. Masjid Taqwa Al-Muhajirin Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang melakukan pergantian struktur organisasi setiap lima tahun sekali. Rapat kerja yang dilakukan setiap satu tahun untuk memahas program kerja yang akan dilaksakanan pada Masjid mengunakan fungsi manajemen berupa Perencanaan, pengorganisasian, komando, koordinasi, dan pengelolaan, menurut Hanry FayolHasil penelitian pada Masjid Taqwa Al-Muhajirin sudah memenuhi lima fungsi manajemen planning, organizing,comanding, coordinating dan controlling akan tetapi masih ada program yang sudah direncanakan yaitu program kegiatan layanan pengurusan jenazah sudah direncanakan tetapi belum terlaksana hambatanya yaitu adanya aturan yang ditetapkan seperti tidak boleh menabur bunga, berdoa di makan dan pemakaman yang jauh dari warga setempat yaitu di makam gunung pati membuat masyarakat tidak mau menggunakan pelayanan pengurusan jenazah dari masjid.


Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Hasbi Anshori. “Urgensi Manajemen Masjid Dalam Proses Dakwah.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 2, no. 2 (2020): 367–82.

Hasibuan, Hasbi Ansori. “Manajemen Dakwah Dalam Meningkatkan Kualitas Jamaah Mesjid.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 4, no. 2 (2022): 373–86. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.

Kamaluddin, K. “Mesjid Dalam Meningkatkan Keagamaan Masyarakat Melalui Majelis Taklim Di Kota Padangsidimpuan.” Tadbir: Jurnal Manajemen … 1 (2019): 1–15. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Tadbir/article/view/1758.

Maryono, and Muhammad Wakhid Musthofa. “Menyibak Keistimewaan Manajemen Masjid Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.” Jurnal Md Membangun Profesionalisme Keilmuan, 2016, 75–93.

Muhajarah, K, and L Hakim. “Promoting Halal Tourism: Penggunaan Digital Marketing Communication Dalam Pengembangan Destinasi Wisata Masjid.” Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, Dan … 02, no. 01 (2021): 34–42. http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/35.

Muslim, Aziz. “Manajemen Pengelolaan Masjid.” Jurnal Aplikasi Llmu-Ilmu Agama 5, no. 2 (2004): 105–14.

Prihatingtyas, siti, Lukmanul Hakim, Niswah Uswatun, and Ahmad Fatoni. “Peningkatan Keterampilan SDM Dalam Rangka Menunjang Program Destinasi Wisata Mina Politan.” Jurnal Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 7, no. 2 (2022): 248–61.

Vliet, Vincent Van. “Five Functions of Management by Henri Fayol,” 2015, 1–4.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Diedit oleh ella deffi Lestari. Cetakan 1. Kab.sukabumi: CV Jejak, 2018.

Djunaidi. M, Ghoni, dan Fauzan Al mansur. Metodologi Penelitian Kualitatif.yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Riyadi, Agus, Nur Hamid, & Saerozi Saerozi. "Internalization of Religious Tolerance Through Cross-Cultural Dialogue in Kendal’s Art Performances." International Journal Ihya' 'Ulum al-Din [Online], 24.2 (2022): 114-125. Web. 16 Jan. 2023




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v5i1.6931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats