ANALISIS PENGARUH AKTIVA TETAP DAN UTANG JANGKA PANJANG TERHADAP LABA PADA PT PABRIK KERTAS TJIWI KIMIA TBK TAHUN 2014-2021 DENGAN RETURN ON ASSET (ROA) SEBAGAI VARIABEL MODERATING

EDO ROMAITO SAPUTRA L TOBING (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini menunjukan terjadinya fluktuasi pada laba usaha dan adanya ketidak sesuaian teori dengan laporan keuangan pada PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk Tahun 2014-2021 aktiva tetap mengalami kenaikan, sedangkan laba mengalami penurunan. Dan utang jangka panjang meningkat laba usaha menurun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh aktiva tetap terhadap laba, apakah (ROA) memoderasi pengaruh aktiva tetap terhadap laba, apakah terdapat pengaruh utang jangka panjang terhadap laba, apakah Return On Asset (ROA) memoderasi pengaruh utang jangka panjang terhadap laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktiva tetap dan utang jangka panjang terhadap laba, apakah Return On Asset (ROA) memoderasi pengaruh aktiva tetap dan utang jangka panjnag terhadap laba.

Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori tentang laba, faktor yang memengaruhi laba, pengukuran laba, laba dalam konsep islam, aktiva tetap, cara memperoleh aktiva tetap, utang jangka panjang, jenis utang jangka panjang, resiko utang jangka panjang, Return On Asset (ROA).

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, Sumber data yang digunakan adalah data skunder yang diperoleh melalui website www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 32 sampel. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan SPSS versi 25. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, , uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji moderatet regression analisys, uji koefisien determinasi (R2) dan uji hipotetsis.

Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh secara parsial antara variable aktiva tetap dan utang jangka panjang dengan variabel laba. Dengan uji moderasi persamaan regresi model dua dan tiga menyatakan bahwa Return On Asset (ROA) memoderasi pengaruh aktiva tetap dan utang jangka panjang terhadap laba usaha.

Kata Kunci: Aktiva Tetap, Utang Jnagka Panjang, Laba Usaha, Return On Asset (ROA)


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Dkk. Isu Kontemporer Akuntansi Publik. Surabaya: Unitomo Press, 2014.

Abdul Nasser dkk. Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Kencana, 2020.

Addin Aditya dkk. Metodologi Penelitian Ilmiah Dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2022.

Agustin Nur’aini dkk. “Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Struktur Modal Dengan Profitabilitas Sebagai Variabe Moderating.” Accounting Global Jurnal Vol. 4, No. 1 (April 2020).

Ali Wairooy. “Pengaruh Biaya Penyusutan Aset Tetap Terhadap Laba Pada PT. Bank Sulselbar.” Jurnal Office Vol. 3 No. 1 (2017).

Ari Dwi Astono. Manajemen Penganggaran. Semarang: Qahar Publisher, 2021.

Ari Pranaditya dkk. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jakarta: Media Sains Indonesia, 2021.

Arifin, Abubakar. Pengantar Akuntansi II. Jakarta: Pt Gramedia, 2005.

Arifin Sitio. Koperasi Teori Dan Praktik. Jakarta: Erlangga, 2001.

Arika Wulandari dan Ratna Sari. “Profitabilitas Sebagai Pemoderasi Pengaruh Struktur Aktiva, Resiko Bisnis, Dan Ukuran Perusahaan Pada Struktur Modal.” Jurnal Akuntansi Vol. 31 No. 9 (Mei 2021).

Badri, Diding Ahmad. Membina Kompetensi Ekonomi. Bandung: Grafindo Media Pratama, 2017.

Bonaventuara Agus Triharjono dkk. Teori Desain Organisasi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Darmawan. Manajemen Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Uny Press, 2020.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Bandung: Pt Sigma Examedia Arkanleema, 2009.

Dwi Putra Darmawan, Pasma Suartika dan Suartana. “Pengaruh Aktiva Tetap, Hutang Jangka Panjang Dan Modal Terhadap Laba Bersih Perusahaan Agribisnis LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 1, No. 2, (Oktober 2013).

Elidawaty Purba dkk. Metode Penelitian Ekonomi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Fachrudin Fiqri Affandy dkk. Pengantar Ekonomi Islam. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Fitria Dan Siti Khoirina. “Pengaruh Aktiva Tetap Hutang Jangka Panjang Dan Modal Terhadap Laba Bersih Perusahaan Pada Pt Semen Baturaja (Persero) Tbk.” Journal Of Accounting Taxing and Auditing (JATA) Vol. 3 No.1 (February 2022).

Handayani Siregar. “Pengaruh Penyusutan Aktiva Tetap Terhadap Laba Perusahaan PT. ACEHARDWARE Indonesia Tbk Tahun 2010-1018.” Institut Agama Islam Negeri, 2020.

Hantono dan Namira Ufrida Rahmi. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Hendrik Karnadi. Membuat Report Akuntansi Tanpa Repot Dengan Excel 2007. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo, 2010.

Hery. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo, 2016.

Husein Umar. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Imam Nazarudin dkk. Statistika Inferensial:Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Tahta Media Group, 2021.

Ketut Swarjana. Populasi-Sampel, Teknik Sampling Dan Bias Dalam Penelitian. Yogyakarta: ANDI, 2022.

Luthfi Helvida. “Pengaruh Hutang Jangka Panjang Dan Aktiva Tetap Terhadap Laba Bersih.” Jurnal Akuntansi Vol 10 no. 2 (2016).

Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Moh. Toharuddin. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Aplikasinya Untuk Pendidik Yang Profesional. Semarang: Lakeisha, 2019.

Muammar Rinaldi dan Ihdina Gustina. Pengantar Statistika. Medan: Larispa Indonesia, 2022.

Muhammad Gade. Teori Akuntansi. Jakarta: Almahira, 2005.

Muhammad Yusuf. Matematika. Bandung: Grafindo Media Pustaka, 2008.

Mutiara dan Rudi Bratamanggala. “Pengaruh Utang Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Usaha PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.” Jurnal Akuntansi Vol. 10 No. 2 (2016).

Najamuddin Dan Metusalach. Metode Penelitian Perikanan Tangkap. Yogyakarta: Pt Nas Media Indonesia, 2022.

Nurhasanah Batubara. “Pengaruh Aktiva Tetap Dan Utang Jangka Panjang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Mitra Investindo Tbk.” Institut Agama Islam Negeri, 2019.

Purbayu Budi Santosa dan Muliawan Hamdani. Statistika Deskriptif Dalam Bidang Ekonomi Dan Niaga. Yogyakarta: Erlangga, 2017.

Risky Primadita Ayuwardani. “Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Publik Offering” Vol. 7 No. 1 (2018).

Rita Andini dkk. “Pengaruh GCG Dan Profitabilitas Perusahaan Sebagai Variabel Moderating.” Jurnal Akuntansi vol XVIII no. 03 (2014).

Sandu Siyoto. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Sri Wahyuni. Kinerja Sharia Conformity and Profitability Index Dan Faktor Determinan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

Syahrir dkk. Aplikasi Metode SEM-PLS Dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan Lautan. Bogor: IPB Press, 2020.

Syaiful Bahri. Teori Akuntansi. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Syofian Siregar. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana, 2015.

Timotius Febry dan Teofilus. SPSS Aplikasi Pada Penelitian Manajemen Bisnis. Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2020.

Triana Zuhrotun Aulia dkk. Konsep Dan Implementasi Akuntansi Comprehensive. Cirebon: Penerbit Insania, 2021.

Yayah Pudin Shatu. Kuasai Detail Akuntansi Perkantoran. Jakarta: Pustaka Ilmu Semesta, 2016.

Yeti Kusmawati. Dasar Dasar Manajemen Keuangan. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.

Zulaika Matondang dan Hamni Fadlilah Nasution. Praktik Analisis Data: Pengolahan Ekonometrika Dengan Eviews Dan SPSS. Medan: CV Merdeka Kreasi Group, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.