OPTIMALISASI MANAJEMEN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Jorong Situak Kecamatan Lembah Melintang)

Martondi Martondi (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Rukiah Lubis (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Sarmiana Batubara (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Situak merupakan salah satu desa yang menerima dana desa di Nagari Persiapan Ujunggading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, berdasarkan dana desa yang di alokasikan, di Desa Situak justru bertolak belakang antara hasil perencanaan dengan hasil pelaksanaannya. Hal ini terlihat dari minimnya pembangunan infrastruktur desa, BUMDes yang belum tersedia serta tempat wisata yang bisa menjadi penghasilan masyarakat tidak dikembangkan. Hal ini terjadi karena tidak ada transparansi dana desa antara pemerintah desa dengan masyarakat.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Pemerintahan Wali Nagari, Aparatur Jorong (Desa) Situak dan masyarakat Situak Kecamatan Lembah Melintang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara,  observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan dana desa yang di alokasikan oleh pemerintah setiap tahunnya belum dikatakan optimal sesuai dengan hasil survei dan observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti, dimana tidak ada hasil pelaksanaan dari perencanaan tersebut, perencanaan pembangunan desa berupa pembuatan jalan, perbaikan jalan yang rusak, perenovasian mesjid yang minim layak pakai untuk satu desa, dan pembangunan pemandian umum yang belum tersedia

Kata Kunci : Dana Desa, Pembangunan Ekonomi, Kesejahteraan.


Full Text:

PDF

References


Anjani, Ajeng Kartika. “Pertanggungjawaban Pengelolaan Dana Desa.” Jurist-Diction 2, no. 3 (11 Juli 2019).

Arikunto, Suharsami. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta : Rineka Cipta, 2013), Irwan dan M. Suparmoko, Ekonomi Pembangunan, (Yogyakarta: BPFE), 2011

Jaya, Irhas, Humaizi Humaizi, dan Nurman Achmad. “Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Desa di Desa Jungke Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah.” Perspektif 9, no. 2 (9 Mei 2020).

Borhan, Joni Tamkin, “Pemikiran Pembangunan Ekonomi Berteraskan Islam,” Jurnal Usuluddin, Vol. 27 (30 Juni 2008)

Kecamatan Lembah Melintang Dalam Angka 2019” diakses 10 Juli 2021, https://pasamanbaratkab.bps.go.id/publication/download. html.

Lesmana, Rosa, dkk. “Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat,” Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 1, no. 1 (1 Oktober 2019)

Mubiyarto, Strategi dan Pembangunan Pedesaan, (Yogyakarta: Pusat Penelitian Pembangunan Pedesaan Kawasa UGM, 1983)

Muslihah, Siti, Hilda Octavana Siregar, dan Sriniyati. “Dampak Alokasi Dana Desa Terhadap Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis 7, no. 1 (31 Juli 2019).

Noor, Juliansah. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Jakarta : Kencana, 2011)

Rudiarta, I. Ketut Gede, I. Wayan Arthanaya, dan Luh Putu Suryani. “Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pemerintahan Desa.” Jurnal Analogi Hukum 2, no. 1 (4 Maret 2020).

Sholahuddin, Muhammad. 2009. World Revolution With Muhammad, Sidoarjo: Mashun.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta CV, 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.