Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat dalam Membayar Zakat Pertanian di Dusun Aeksah

Abdul Rahman (UIN Syahada Padangsidimpuan)
Nurul Izzah (UIN Syahada Padangsidimpuan)
Rini Hayati Lubis (UIN Syahada Padangsidimpuan)

Abstract


masyarakat di dusun Aeksah dalam membayar zakat pertanian, dimana hasil produksi pertanian diperoleh sudah mencapai nishab  yaitu 653 kg padi atau 520 kg beras akan tetapi masih banyak masyrakat yang masih belum membayar zakat pertanian padahal mayoritas beragama islam didesa tersebut. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan data primer diperoleh dari hasil jawaban responden melalui angket yang disebarkan. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 32 responden. Metode analisis data digunakan beberapa tahapan uji dengan bantuan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pengetahuan, pemahaman dan pendapatan terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pertanian di dusun Aeksah dan terdapat pengaruh religiusitas terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pertanian di dusun Aeksah. Hasil uji f menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan, pemahaman, pendapatan dan religiusitas terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pertanian di Dusun Aeksah.

Kata Kunci: Minat, Pengetahuan, Pemahaman, Pendapatan, Religiusitas

Full Text:

PDF

References


Al-Zuhayly, W. (1995). Zakat: Kajian Berbagai Mazhab / Dr. Wahbah Al-Zuhayly Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru. https://pustaka.pekanbaru.go.id/inlislite3/opac/detail-opac?id=30215

Atang Abd, H., MA. (2017). Metodologi Studi Islam.

Eko, S., & Dodil, S. (2016). Analisis Faktor Kepercayaan, Pendapatan Pada Minat Muzzaki Untuk Membayar Zakat Peghasilan Pada Amil Zakat.

Imam, A.-N. (2009). Al-Majmu’Syarah Al-Muhadzdzab (Buku Islam Rahmatan). Pustaka Azzam.

Jannah. (2021). Dosen Psikologi. DosenPsikologi.com. https://dosenpsikologi.com/

Kartika, I. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat dengan Kesadaran Membayar Zakat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAS Salatiga) [PhD Thesis]. IAIN SALATIGA.

Lokot, R. (2021, Agustus). Wawancara: Amil Zakat di Dusun Aeksah [Komunikasi pribadi].

Rouf, M. A. (2011). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat masyarakat membayar zakat di Rumah Zakat cabang Semarang—Walisongo Repository. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2017/

Sinaga, Sitompul, & Simbolon. (223M, Agustus 2021). Wawancara: Petani di Dusun Aeksah [Komunikasi pribadi].

Sugiono dan Agus Susanto. (2015). Sugiono dan Agus Susanto, Cara Mudah Belajar SPSS (Bandung: Alfabeta, 2015). Hal. 323. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sumatera Utara – PPID BAZNAS. (2021). https://pid.baznas.go.id/sumatera-utara/

Syaikh Sa’id, bin A. bin W. A.-Q. (2011). Ensiklopedi Zakat (Mencakup Zakat Mil, Zakat Perusahaan, Zakat Fitrah dan Sedekah Sunnah ). Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Yustari, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Muzakki Tidak Membayar Zakat Pertanian Di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Ujan Mas Atas Kab. Kepahiang) [Undergraduate, IAIN Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/529/

Zainal, A. (2001). Kunci Ibadah. PT. Karya Toha Putra.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i2.6174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129