Adab Komunikasi Dalam Islam;Bijak Dalam Bermedia Sosial

Kemas Ridho Aufa (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia)

Abstract


Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia telah menemukan isu hoaxs priode Agustus 2018 – 31 Maret 2020 sebanyak 5.156 berita hoaxs dengan kategori: bidang politik berjumlah 1.025, pemerintahan 922, kesehatan 853, kejahatan 390, fitnah 292, ujaran kebencian 283, bencana alam 258, penipuan 265, agama 208, mitos 182, perdagangan 34, pendidikan 33 dan lain-lain 411 isu. Kenyataan di atas menunjukkan bahwa adab komunikasi di media sosial perlu dibangun agar hubungan antar netizen di media sosial bisa terjalin harmonis dan damai. penelitian ini membahas mengenai adab komunikasi di media sosial menurut pandangan Islam dan bagaimana membangun sikap bijak dalam bermedia sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dan metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adab komunikasi dalam Islam bertujuan membentuk sikap bijak bermedia sosial. Sikap ini dianggap mampu menjadi tameng untuk menjaga kualitas informasi dan memelihara stabilitas media agar tidak kehilangan arah tujuannya. Sehingga, pesan tidak menjadi desecend class. Persoalan adab komunikasi di media sosial diatur dalam Al-Quran dan Hadits. Untuk membangun sikap bijak bermedia sosial maka dapat dilakukan langkah-langkah berikut: 1. Menggunakan Perkataan yang Baik dan Santun. 2. Menyebarluaskan Informasi yang Bermanfaat. 3. Tidak Menyebarkan Kebohongan, Fitnah, dan Ujaran Kebencian. 4. Meluruskan Informasi yang Salah dan Memberikan nasihat.

Kata kunci: Komunikasi, Media Sosial, & Islam


Full Text:

PDF

References


Al-Bugha, Mustafa & Muhyiddin Mistha. 2017. Al-Wafi; Hadits Arbain Imam Nawawi, Pokok-pokok Ajaran Islam. Depok: Fathan Prima Media.

Al-Ghazali. 2003 Ihya’ Ulumuddin Jilid 5. Semarang: CV. Asy-Syifa’.

Al-Jamal, Halah Abdul. 2008. Fann al-Tawashul Fi Al-Islam,

Al-Jawi Al-Palembani, Syeikh Abdus Samad. 2002. Siyarus Salikin: Jalan Para salik untuk Mengabdi Diri Kepada Tuhan Rabbul ‘Alamin. Singapura: Kerjaya Printing Industries Pte Ltd.

Alu Syaikh, Abdullah bin Muhammad. Tafsir Ibnu Katsir; Jilid 5. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’iAl-Jauziyah, Ibnu Qayyim. 1998. Madarijus Salikin; Penjabaran Konkrit Iyyaka Na’budu Wa Iyyaka Nasta’in Jilid 3 Lengkap. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi KeEmpat. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hefni, Harjani. 2015. Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2009. Al-Quran dan Terjemahan. Surakarta: Pustaka Al-Hanan.

Mahalli, Ahmad Mudjab. 2004. Hadits-hadits Muttafaq ‘Alaih; Bagian Ibadat. Jakarta: Kencana.

Munir. 2003. Metode Dakwah; Edisi Revisi. Jakarta: Kencana. 2003.

Nawawi, Imam. 2006. Terjemah Riyadhus Shalihin; Jilid 2. Surabaya: Duta Ilmu.

Piliang, Yasraf Amir. 2004. Posrealitas; Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika. Bandung: Jalasutra.

Roudhonah. 2019. Ilmu Komunikasi. Depok: Rajawali Pers.

Shihab, M. Quraish. 2009. Tafsir al-Misbah Volume 2. Jakarta: Lentera Hati.

Taufik, Tata. 2012. Etika Komunikasi Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.

JURNAL

Ahmad, Amar. 2013. Perkembangan Media Online dan Fenomena Disinformasi (Analisis Pada Sejumlah Situs Islam). Jurnal Pekommas. Volume 16. Nomor. 3.

Cahyana, dkk. 2021. Silaturrahmi Melalui Media Sosial Perspektif Hadits (Metode Syarah Hadits Bil Ra’yi). Jurnal Al-Hikmah. Volume 3. No. 2.

Cristiany. 2020. Dampak Penggunaan TIK Terhadap Pola Komunikasi Masyarakat Desa. Jurnal PIKOM. Volume 21. Nomor 2. Desember.

Ibrahim & Hasanuddin. 2015. Komunikasi dalam Dunia Maya: Kajian Bahasa, Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: UHAMKA Press.

Macshum, Toha. 2016. Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan. Juournal: Pemikiran dan Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 2. Juli-Desember.

Mutia, Lidwina. 2017. Praktik Komsumsi Selebriti Dalam Komunitas Penggemar di Era Media Baru: Studi Kasus Penggemar NIC Jogja dan Jakarta. Jurnal Komunikasi. Volume 10. Nomor 1.

Nurdin & Hendra. 2020. Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. Volume 4. Nomor. 1. Juni.

Setiawan. 2017. Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. ISBN.978-602-50088-0-1.

Sucahya, Media. 2013. Teknologi Komunikasi dan Media. Jurnal Komunikasi. Vol. 2. No. 1. Januari-April.

Yusni, Iffah. 2022. Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Jurnal Lathaif. Vol. 1. No. 1. Jan-Juni.

Junaidi. 2020. Pendekatan Komunikasi Islam Pada Nilai Mua’izah Hasanah: Telaah Konsep dan Aplikasi dalam Kehidupan. Jurnal Peurawi. Volume 3. Nomor 1.

DAN LAIN-LAIN

http://eppid.kominfo.go.id/informasi-publik/informasi-kasus-hoaxs-priode-2018-2020




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v16i2.6492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.