STUDENTS’ ANALYSIS IN SYLLABIFYING WORD AT THE SIXTH SEMESTER OF TADRIS BAHASA INGGRIS IAIN PADANGSIDIMPUAN

Wirda Hasanah ()
Zainuddin Zainuddin (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Hamka Hamka (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini adalah analisis siswa pada kata syllabifying pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan. Para siswa masih mengalami kesulitan dalam suku kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis siswa dalam suku kata  pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan, untuk menemukan kesulitan siswa dalam suku kata pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan, dan untuk menjelaskan kesulitan siswa dalam suku kata pada semester keenam Tadris Bahasa Inggris di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif. Sumber data untuk penelitian ini adalah siswa pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan sebagai sumber primer dan dokumen dosen sebagai sumber sekunder. Ada dua instrumen dalam mengumpulkan data, yaitu dokumen dan wawancara. Data diolah dan dianalisis dengan proses kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan analisis siswa dalam kata-kata suku kata pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan dominan dalam transkripsi. Kesulitan siswa dalam transkripsi adalah 12 siswa, jumlah suku kata adalah 8 siswa dan struktur suku kata (onset, nukleus dan coda) adalah 7 siswa. Alasan masalah siswa dalam pembuatan suku kata pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan adalah siswa memiliki masalah dominan dalam transkripsi karena kurangnya latihan siswa, siswa tidak mengerti tentang bunyi simbol dan siswa sulit untuk membedakan dipthong dan tripthong. Jadi, siswa harus meninjau pelajaran tentang bunyi simbol terutama vokal dan konsonan berdasarkan standar bahasa Inggris, sehingga mereka tidak bingung.


Keywords


syllabifying, transcription, dipthong and tripthong

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, Prosedur Penellitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka

Cipta, 2006.

Ary Donald,et al, Introduction to Research in Education, Australia: WADSWORTH, 2006.

Carr Philip, English Phonetics And Phonology An Introduction , USA: Blackwell, 1999.

Duanmu San, “A Thesis Formal Study of Syllable, Tone, Stress and Domain in Chinese

Languages”, Massachusetts Institute of Technology, 1990.

Fust Tammy Renee, “A Thesis Syllable Systems: Four Students' Experiences In Learning

Rhythm”, Louisville: University of Kentucky, 2006

Gay L.R. and Airasian Peter, Educational Research, New Jersey: Prentice-Hall, 2000.

Giegerich Heinz J., English Phonology An Introduction, New York: Cambridge

University Press, 1995.

Green Christopher Ryan, “A Thesis Prosodic Phonology in Bamana (Bambara): Syllable

Complexity, Metrical Structure, and Tone”, India: Indiana University, 2010.

Jufrizal, Course Book Introduction To General Linguistics, Padang: Padang State

University, 1999.

Daniel Jones, The Pronunciation of English, London: Cambridge University Press, 1986.

Katamba, An Introduction To Phonology, Francis: Longman Group UK Limited.

Kriyantono Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: KENCANA PERDANA MEDIA GROUP, 2006

Lass Roger, Phonology an Introduction to Basic Concepts, London: Cambridge

University Press, 1984.

O’Grady William, et al., Contemporary Linguistic An Introduction, New York: Bedford

ST. Martin’s, 2005.

Private Interview, Students at Fifth Semester of TBI in Padangsidimpuan

Rahmadani Sri, “A Thesis Student Mastery on English Syllable at the Sixth Semester of

Tadris Bahasa Inggris in IAIN Padangsidimpuan”, Padangsidimpuan: IAIN, 2016

Rangkuti Nizar Ahmd, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Cita Pustaka Media, 2016.

Richard Jack C, Longman Dictionary of Language Teaching& Applied Linguistic,

London: Longman, 2002.

Riyanto Slamet, English Vocabs, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Roach Peter, English Phonetic and Phonology Practical Course, New York: Cambridge

University Press, 2000.

George Gerri, Www.Wildriverreview.Com/Lit/Essays/.

Sukadi Hanik Mujiati, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat

Pada Apotek Arjowinangun (Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (Ijcss) Fti Unsa - Ijcss.Unsa.Ac.Id, Www. Ijns.Org/Journal/Index.Php/Ijns/ Article/View/279/273.

Szigetvari Peter, English Phonological Analysis Http://Seas3.Elte.Hu/Analysis/Analysis4. Pdf.

Tracey Ellen Taylor,” The Effects of Teaching Two Syllable Types and One

Syllabication Rule on the SpellingAchievement of Students w ith Learning

Disabilities” (Grand Valley: State University, 1997), p. 38, http://scholar

works.gvsu. edu/theses,




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v6i2.1264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats