STANDARDIZING TEACHING ENGLISH VOWELS IN EMPOWERING STUDENTS’ PRONUNCIATION

Hamka Hamka (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Tulisan ini bertujuan memberikan ide pada standarisasi pengajaran  bunyi vokal bahasa Inggris dalam memberdayakan pengucapan mahasiswa saat ini. Pengajaran bahasa Inggris saat ini adalah sebagai produksi bahasa secara internasional. Produksi bahasa adalah proses menyampaikan makna atau pengalaman dalam bahasa lisan dan tulisan. Tulisan ini fokus pada produksi bahasa lisan. Kita butuh teori tentang produksi bahasa. Yakni fonetik dan fonologi. Fonetik adalah kajian bunyi dan wujud material berbentuk simbol. Fonologi adalah kajian bunyi dan wujud mental atau wujud makna yang menunjukkan bahasa. Dalam pengajarannya saat ini, bahasa Inggris telah terbagi dalam tiga lingkaran, yakni: (1) lingkaran inner-bahasa pertama atau bahasa ibu, (2) lingkaran outer-bahasa kedua, dan (3) lingkaran expanding-bahasa asing.  Ketiganya haruslah distandarisasi untuk pengajaran berdasarkan alfabet fonetik internasional (IPA). dan pengucapan yang diterima (RP). Pada kajian ini memokuskan pada bunyi vokal bahasa Inggris. Terdapat empat karaktersitik dalam menggambarkan bunyi vokal bahasa Inggris, yangkin: (1) penempatan lidah, (2) tinggi lidah, (3) pusaran bibir, dan (4) kualitas bunyi vokal. Produksi vokal haruslah tepat dan benar untuk menghasilkan bunyi vokal bahasa Inggris menjadi standard dan diterima. Terdapat juga persepsi tambahan untuk bunyi vokal yang perlu diklarifikasi, yaitu kemingkinan bunyi vokal dari huruf vokal. Ini akan memberikan pengajaran untuk memudahkan produksi vokal kepada pengguna asing khususnya untuk masyarakat Indonesia.


Keywords


English Vowels, and Teaching Students’ Pronunciation

Full Text:

PDF

References


Bauer, L. 2002. An Intoduction to International Varieties of English. Edinburg: Edinburg University Press

Cipollone N., Keiser S.H.& Vasishth S, 2006. Language Files. Columbus: Ohio State University

Cruttenden, A. 1994. Gimson’s Pronunciation of English. (5th ed). Revised and edited versionof A. C. Gimson’s original Book. London: Edward Arnold

Dictionary.Cambridge.org, 2004. Cambridge Learner’s Dictionary. London: Cambridge University Press

Gleason, J. B. & Ratner, N.B. 2005. Psycholinguistics. United States of America: Harcourt Brace College Publisher

Gimson, A. C. 1964. Phonetic Change and RP Vowel System. In D. Abercrombie at all. 1964, pp. 7-4

Halliday, M.A.K. 1994. An Introduction to Functional Grammar. Second Edition. London: Edward Arnold

O’grady W., & Drobrovolsky M., 2000. Contemporary Linguistics Analysis (Toronto: Coop Clark

Roach P. 2000. English Phonetics and Phonology. Third Edition. Cambridge: Cambridge University Press

Saragih, Amrin. 2006. Bahasa dalam Konteks Sosial. Medan: Pasca Sarjana UNIMED.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v4i01.1187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats