INTERACTIVE DRAMA TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL

Sri Rahmadhani Siregar (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Speaking skill dalam bahasa Inggris adalah salah satu keahlian yang tergolong sulit bagi sebagian siswa saat proses pengajaran ataupun pembelajarannya sehingga mengharuskan seorang guru ataupun tenaga pengajar lainnya menggunakan tekhnik yang tepat untuk diaplikasikan di dalam kelas. Salah satu tekhnik yang bisa dan efektif digunakan oleh seorang tenaga pengajar dalam kelas speaking skill adalah interactive drama technique. Interactive drama technique adalah tekhnik yang secara langsung mengaplikasikan keahlian berbicara siswa dalam bahasa Inggris melalui dialog atau script drama yang akan dipentaskan. Tekhnik ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris karena penggunaan materi dan media pembelajaran yang akan memotivasi siswa untuk berbicara. Selain itu, aktivitas kelas selama penerapan Interactive Drama Technique akan membuat siswa menjadi aktif dan kreatif untuk berbicara mengolah dialog drama. Kerja kelompok dalam tekhnik ini juga akan membuat mereka lebih percaya diri dalam penampilan berbicara. Oleh karena itu, Interactive Drama Technique efektif untuk diterapkan dalam mengajar keahlian berbicara dalam bahasa Inggris.


Keywords


interactive drama technique, speaking skill.

Full Text:

PDF

References


Brocket, Oscar Gross. 1980. The Essential Theatre. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Brown, H. Douglas & Priyanvada Abeywickrama. 2010. Language Assessment Principle and Classroom Practice. New York: Pearson Education.

Caplan, Nigel A. 2005. Effective Uses of Drama in the Languagee Classroom. Accessed at http://www.edusoft.ro/brain/index.php/libri/article/viewFile/71/190, on Augusts 4th, 2017.

Cheng, Michael. 2007. Student Perceptions of Interactive Drama Activities. Journal of Interactive Drama, Vol. 2.

Hafeez, Muhammad Rashid. 2010. Impact of Dramatics on Composition Skills of Secondary School English Language Learners in Pakistan. Language in India. Accessed at www.languageinindia.com, on August 12 th , 2017.

Holden, Susan. 1982. Drama in Language Teaching. Longman.

Hughes, Arthur. 2005. Testing for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

King, Lesley. 2003. Drama in School (second Edition). London: Arts Council England.

Listanto, Joni, Hamzah A. Machmoed and Burhanuddin Arafah. 2010. “Interactive Drama as A Teaching Strategy to Improve Students’ Compentence in Speaking (A Quasi Experimental Study)”. Journal of Management Education, Vol. 31. No. 6. P.832-858. Maluku: Pulau Buru. Accessed at (http://www.interactivedramas.info/journal.htm, on August , 03 rd, 2017).

Malley. J. M. and Pierce. L. V.1996. Authentic Assessment for English Language Learners.Practical Approaches for Teachers. New York : Addson Wesley Publishing Company.

Nunan, David. 2003. Practical English Language Teaching. Singapore: McGraw-Hill Companies.

Richards, Jack C. and Willy Renandya. A. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University Press.

Tarigan, H. Guntur. 1990. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thornbury, Scott. 2005. How to Teach Speaking. Kuala Lumpur: Pearson Longman.

Wessels, Charlyn. 1987. Drama. New York: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i2.1181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats