Improving Students’ Speaking Ability through Problem Solving Technique at the 1st Group 2nd Semester Students of Ma’had Jami’ah IAIN Padangsidimpuan

Zainuddin Zainuddin (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Sojuangon Rambe ()
Safrina Hulu (, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini menggambarkan peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan Teknik Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas II Semester II Ma'had Jami'ah IAIN Padangsidimpuan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan Teknik Pemecahan Masalah pada Kelompok Pertama Siswa Semester II Ma'had Jami'ah IAIN Padangsidimpuan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan desain Kemis dan Robin yang terdiri dari empat tahap. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2, menunjukkan peningkatan nilai mean siswa dan persentase siswa. Skor siswa pada siklus 1 adalah 64,89 (25,92%) dan nilai siswa pada siklus 2 adalah 79,85 (92,59%). Jadi, peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan Teknik Problem Solving sangat baik kategori (sangat tinggi). Peneliti menggunakan t-test untuk sampel kecil kurang dari 30 siswa. Masalah siswa dalam aksen sulit diucapkan kata. Permasalahan dalam tatabahasa adalah dalam membangun kata-kata dan pola gramatikal mereka tidak akurat. Masalah dalam kosa kata sulit dicari kata-kata yang tepat. Masalah dalam kelancaran siswa menghilangkan kalimat dan dibatasi panjangnya, lebih lambat disebabkan oleh pencarian kata, terputus-putus dan fragmentaris sering terjadi sambil menghasilkan kata-kata sulit untuk pengucapan. Soal dalam pemahamannya adalah peneliti sulit untuk memahami kata-kata bahkan sudah menjadi kata yang biasa. Soal dalam aksen dipecahkan dengan memotivasi mereka untuk rajin melatih pengucapannya. Permasalahan dalam tata bahasa dipecahkan dengan memberikan lebih banyak penjelasan kepada siswa. Masalah dalam kosa kata dipecahkan dengan memberi beberapa kosakata kepada siswa. Masalah dalam kelancaran dipecahkan dengan memotivasi siswa. Masalah dalam pemahaman dipecahkan dengan memperbaiki diri peneliti untuk memahami kembali hasil diskusi hasilnya.

 


Keywords


Siswa, Kemampuan Berbicara dan Teknik Problem Solving

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas, Language Assessment: Principle and Classroom Practices, United States of America: San Fransisco State University, 2004.

________________, Teaching by Priciples: An Interactive Approach to language Pedagogy, United States of America, 1994.

Burns, Anne, Doing Action Research in English Language Teaching, New York: Routledge, 2010.

Chaney, A.L and T.L Burke, Teaching Oral Communication In Grades K-8, Boston: Allyndan Bacon, 1998.

Creswell, John W, Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches, USA: Sage Publication, 2003.

Gay, L.R. and Peter Airasian, Education Research: Competence for Analysis and Application, USA: Prentice Hall, inc, 2000.

Harmer, Jeremy, The Practice of English Language Teaching, London: Longman, 2001.

Holly, Mary Louse, et all, Action Research for Teacher: Travelling the yellow Brick Road,New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall, 2005.

Hornby, A.S., Oxford Advanced Learned Dictionary 7th Edition, New York: Oxford University Press, 2005.

http://teachertrove.wikispaces.com/Speaking+-+Problem+Solving/21032017.

http://www.conceptuamath.com/blog/speaking-writing-and-problem solving.html/210317

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=287225&val=7230&title=INCREASING%20STUDENTS%C3%83%C2%A2%C3%A2%E2%80%9A%C2%AC%C3%A2%E2%80%9E%C2%A2%20SPEAKING%20ABILITY%20%20THROUGH%20PROBLEM%20SOLVING/21032017

http://dmh.mo.gov/dd/docs/chapter3.pdf/21032017

Hughes, Arthur, Testing for Language Teacher, USA: Cambridge University Press, 1990.

Littlewood, William, Communicative Language Teaching,Cambridge: Cambridge University Press, 1981.

Luona, Sari, Assessing Speaking ,Cambridge: University Press, 2004.

Nunan, David, Designing Tasks for the Communication Classroom, Cambridge: Cambridge University Press, 1989.

____________, Language Teaching Methodology: A Textbook for Teacher, Sydney: Macquarice University, 2003.

_____________, Practical English Language Teaching, New York: Mc. Grown-Hill Companies Ins, 2003.

O’Maley, J. Michael,AuthenticAssesment for English Language Learners, USA: Addison-Wesley publishing Company, 1996.

Richards, Jack. C. and Willy A. Renandya, Methodology in Language Teaching an Anthology of Current Practice, Cambridge: University Press, 2002.

Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2009

Singh,Yogesh Kumar, Fundamental of Research Methodology and Statistic, New Delhi: New Age International (P)Limited, Publishers, 2006.

Weir, Cyril J., Communicative Language Testing, UK: Prentice Hall, 1990.

Verderber, Rudolph F. and Kathleen S. Verderber, The Challenge of Effective Speaking, USA: University of America, 2008.

Wray, Alison, Kate Trott and Aileen bloomer, Projects in Linguistics: A Practical Guide to Researching Language, London: Arnold, 1998.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i1.1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats