Penerapan Metode Kisah Dalam Peningkatan Pengamalan Shalat Anak Pada Orangtua Tunggal Di Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Zubaidah Zubaidah* -  , Indonesia
Magdalena Magdalena -  , Indonesia

Dalam pendidikan Islam orangtua mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina anaknya yaitu sebagai pendidik dan pembimbing dalam melaksanakan ajaran-ajaran Islam. Salah satu hal yang sangat penting untuk ditanamkan dalam kebiasaan anak adalah pengamalan ibadah Shalat. Skripsi ini membahas penerapan metode kisah dalam peningkatan pengamalan Shalat anak pada orangtua tunggal di Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Metode kisah merupakan cara yang dilakukan untuk menyampaikan materi atau pelajaran melalui cerita kepada anak didik. Metode yang dilakukan dengan bercerita adalah mengungkapkan peristiwa yang mengandung nilai pendidikan moral, rohani dan sosial untuk anak didik baik cerita yang bersifat kebaikan, maupun kezaliman, atau juga ketimpangan jasmani-rohani, material-spritual yang dapat melumpuhkan semangat  manusia.

Penelitian ini dibahas melalui studi lapangn dengan penelitian riset aksi partisipatori yang terdiri dari tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 6-12 tahun dalam keluarga orangtua tunggal yang berjumlah 6 orang anak. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi mendengarkan kisah dan observasi membaca kisah serta dokumentasi berupa catatan pengamalan Shalat anak yang disajikan dalam bentuk data kualitatif.

Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa pengamalan Shalat anak mengalami peningkatan meskipun pengamalan Shalat perminggu perkelompok masih jauh dari jumlah ideal. Jumlah pengamalan Shalat anak yang ideal perminggu dan perorang adalah 35. Sedangkan jumlah ideal pengamalan Shalat anak perminggu perkelompok adalah 210.

Keywords : Metode Kisah dan Pengalaman Shalat

  1. Ahmad Thib Raya & Siti Musdah Mulia, Menyelami Seluk Beluk Ibadah Dalam Islam, Jakarta: Prenada Media, 2003.
  2. Akbarizan, Pendidikan Berbasis Akhlak, Pekan Baru: Suska Press, 2008.
  3. Armai Arief, Penganntar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
  4. Muhammad Abdul Qadir Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
  5. Musthafa Khalili, Berjumpa Allah Dalam Salat, Jakarta: Pustaka Zahra, 2004.
  6. Rifa Hidayah, Psokologi Pengasuhan Anak, Yogyakarta: UIN Malang Press, 2009.
  7. Wiwien Dinar Pratisi, Psikologi Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks, 2008
  8. Zahrotul Layiliah, Perjuangan Hidup Orangtua Tunggal, dalam Jurnal Sosiologi

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI


View My Stats

Flag Counter