Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi

Cyntia Novita Sari (Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia)
Fernaldi Anggadha Ratno (Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia)

Abstract


Abstract

This study aims to measure and analyze the effect of the marketing mix (product, place, price, promotion, process, people and physical evidence) on customer decisions to save at BRI Syariah KC Semarang and the influence of religiosity in moderating the effect of marketing mix on customer decisions to save in BRI Syariah KC Semarang. Based on the results of the study it can be concluded that the first marketing mix (product, place, price, promotion, process, people and physical evidence) has a significant positive effect on customer decisions to save, secondly religiosity moderates the effect of marketing mix on customer decisions to save and third there is a significant positive effect. simultaneous between the marketing mix and the customer's decision to save.

 
 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisa pengaruh marketing mix (produk, tempat, harga, promosi, proses, orang dan bukti fisik) berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di BRI Syariah KC Semarang serta pengaruh religiusitas dalam dalam memoderasi pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah menabung di BRI Syariah KC Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama marketing mix (produk, tempat, harga, promosi, proses, orang dan bukti fisik) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah menabung, kedua religiusitas memoderasi pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah menabung dan ketiga terdapat pengaruh yang positif signifikan simultan antara marketing mix terhadap keputusan nasabah menabung.


Keywords


product, place, price, promotion, process, people, physical evidence, customer decision to save, religiosity.

Full Text:

PDF

References


Alfrian, Detha. Desember 2013. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menabung (Survei Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Malang)”. Jurnal Admnistrasi Bisnis (JAB). Vol.6 (2).

Asraf. Januari 2014. “Pengaruh Kualitas Terhadap Keputusan Menyimpan Dana Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator”. Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol.2: 61-72.

Azzahra. 2016. “Pengaruh Pengetahuan dan Disposbale Income Terhadap Preferensi Menabung di Bank Syariah Dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga).

Djunaedi. 2016. “Pengaruh Coorporate Social Responsibility (CSR) dan Kualitas Produk Terhadap Citra Bank dan Keputusan Menabung di Bank BNI Syariah Kota Kediri”. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3(2): 104-119.

Eka, Wundi Lilis Kustiningsih . 2014. “Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Faedah BRI Syariah di Samarinda”. e-Jourrnal Ilmu Administrasi Bisnis. 2014 Vol 2 (2): 201-214.

Fajar. 2015. “Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualiatas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Mandiri”.

Fatmawati, Desi. 2015. “Pengaruh Pendapatan, Religiuistas, dan Informasi Terhadap Intensitas Menabung di Bank Syariah pada Kalangan Santri Mahasiswa PP. Wahid Hashim di Sleman. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Haque A, Rahman S dan Haque M. 2011. “Religiuosity, Ethnocentrism and Corporate Image Toward The Perception of Young Muslim Consumers: Structural Equation Modelling Approach”. European Journal of Social Scienties, 23 (1) 98-108

Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 3. Jakarta: Bumi Angkasa. .

Lunenburg, Fred C. 2010. “Communication: The Process, Barries, And Improving Effectiveness”. Schooling, Vol. 1, No.1.

Maisur, Muhammad Arfan, M. Shabri. 2015. Pengaruh Prinsip Bagi Hasil Tingkat Pendapatan, Reigiusitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah Di Banda Aceh. Jurnal Magister Akuntansi, 4 (2): 1-18.

Nurleli. 2017. “Pengaruh Faktor Budaya, Psikologi, Pelayanan, Promosi dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih BPRS di Banyumas”. Jurnal Pemikiran Islam, 18(2): 75-106.

Pour, Nazari dan Emmani. 2013. “The Effect of Marketing Mix in Attracting Customers: case Study of Saderat Bank in Kermanshah Province”. African Journal of Business Management, 7(34):3272-3280.

Puryono. 2014. “Pengaruh Marketing Mix. Terhadap Keputusan Pembelian pada UD Gladah Wangi di Magetan.” Jurnal Ilmu&Riset Manajemen Vol. No. 11 (2014).

Sarwita. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung (Studi Kasus Pada Perumda BPR Majalengka)”. Jurnal Ilmiah Manajemenen&Akuntansi, 4(1): 36-45.

Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen (edisi revisi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wundi, Eka. 2014. “Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Faedah Bank BRI Syariah Cabang Samarinda”. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 2 (2): 201-214.

Yulianto, Firman. Oktober 2010. “Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Pertibambangan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah di Kota Medan. Jurnal Ekonomi Vol.13 (4).

www.brisyariah.co.id




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v8i2.3828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: