Metode Pemberdayaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dalam Membentuk Persepsi Masyarakat Kota Padangsidimpuan

Masrul Efendi Umar Harahap (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatip deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemberdayaan dalam membentuk persepsi masyarakat Kota Padangsidimpuan Terhadap Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan. Adapun hasil penelitian ini, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan memiliki metode pemberdayaan dalam membentuk persepsi masyarakat Kota Padangsidimpuan yaitu, pertama strategi pemberdayaan kelembagaan dalam bentuk promosi fakultas dan penempatan mahasiswa praktek dakwah lapangan kelembaga yang sesuai dengan prodi mahasiswa, kedua strategi pemberdayaan sumberdaya manusia dalam bentuk pelatihan-pelatihan mahasiswa dan praktek kemahasiswaan yang sesuai dengan profil dan kompetensi lulusan setiap prodi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan.

Kata Kunci : metode, Pemberdayaan dan Persepsi


Full Text:

PDF

References


Undang-undang Sisdiknas Nomor. 20 Tahun 2003

R Nashir, , Mencari Tipologi Format pendidikan ideal Pondok Psantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2010

Moleong J. Lexi., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosda Karya, 2007

Machendrawaty Nanih Dan Agus Ahmad Safei, Pengembangan Masyarakat Islam Dari Ideology,Strategi,Bandung: PT,Remaja Rosdakarya, 2001

Zuliah Siti, Journal of Rural and Development, Volume I No. 2 Agustus 2010

Mardikanto Totok Dan Subianto, Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijkan, Bandung : Alfabeta. 2012

Moedzakir Dzauzi, Teori dan Praktek Pengembangan Masyarakat. Suatu Pedoman Bagi Para Praktisi, Surabaya: Usaha Nasional,1989

Sumodiningrat Gunawan, Membangun Perekonomian Rakyat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2010

Nugroho Setiadi, Prilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta : Pranada Media Group, 2013

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2001

Agus, Persepsi Masyarakat Kelurahan Kahu Terhadap Eksistensi Pesantren Anwaar-Ul- Uloom Bontocani Kabupaten Bone, Tesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar tahun 2011, h. 53

Aripin Hadi Suparapto, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 21 No.1, Juli: 88-101

Marcella Laurence Joyce, Arsitektur dan Prilaku Manusia, Jakarta: PT. Grasindo, 2004

Oman Sukmana, Dasar-dasar psikologi lingkungan, UMM Pres, Malang, 2003

Syamsul Bachri Thalib, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif Cet.I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

Desmita, Psikologi Perkembangan Cet,VI. Bandung; PT. Rosdakarya, 2010




DOI: https://doi.org/10.24952/taghyir.v4i2.5803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id