STRATEGI PEMBELAJARAN GURU KEAGAMAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA

Jakirah Jakirah, Jasiah Jasiah, Marsiah Marsiah

Abstract


Abstract

This study aims to examine the learning strategies used by the religious teachers of MTs Muslimat NU Palangka Raya during the Covid-19 pandemic. The research method used is a qualitative descriptive method The results of this study indicate that religious teachers at MTs Muslimat NU Palangka Raya use an online learning strategy by making teaching videos and creating a WhatsApp group to share videos, attendance, and assignments with students, as well as questions and answers regarding learning material that was unclear for students. Religious teachers in MTs Muslimat NU Palangkaraya run an online learning strategy with the supporting factor that all teachers and students have Hp, internet networks in schools, and all the teachers and students have app WhatsApp faced. The obstacle faced is that the teacher has difficulty checking student assignments because there are several students sending assignments at once not according to the assignment collection schedule.

 

Keywords: covid-19, learning, pandemic, strategies.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru keagamaan di MTs Muslimat NU Palangka Raya selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru keagamaan di MTs Muslimat NU Palangka Raya menggunakan strategi pembelajaran daring dengan membuat video mengajar dan membuat group whatsapp untu berbagi video, absensi dan tugas kepada siswa, serta tanya jawab terkait materi pembelajaran yang kurang jelas. Guru keagamaan di MTs Muslimat NU Palangka Raya menerapkan strategi pembelajaran daring dengan faktor pendukung yaitu semua guru dan siswa memiliki Hp, ada internet di sekolah, dan semua guru dan siswa memiliki aplikasi whatsapp. Kendala yang dihadapi adalah guru kesulitan untuk mengecek tugas siswa karena ada beberapa siswa yang mengirimkan tugas secara bersamaan tidak sesuai dengan jadwal pengumpulan tugas.

 

Kata kunci: covid-19, pandemi, pembelajaran, strategi.


Keywords


covid-19, learning, pandemic, strategies.

Full Text:

PDF

References


Bhagaskara, A. E., Afifah, E. N., & Putra, E. M, 2021, Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Berbasis, ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, Vol 2, hal 13–23.

Dewi, W. A. F, 2020, Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 2, hal 55–61.

Fauziyah, N, 2020, Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam, Al-Mau’Izhoh, Vol 2, hal 1–11.

Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A, 2020, Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Norma, Journal of Chemical Information and Modeling, Vol 53, hal158–167.

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S, 2020, Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada PAUD di TK ABA Kleco Kotagede, Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 9, hal 126–130.

Menteri Pendidikan, 2020, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus Disease (COVID-19).

Majid, Abdul, 2013, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin, 2014, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nikmah, N, 2020, Strategi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin), jurnal idealetkik, Vol 2, hal 45-51.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Puspitorini, F, 2020, Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Kajian Ilmiah, Vol 1, hal 99–106.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A, 2020, Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 4, hal 861–870.

Rahayu, A. D., & Haq, M. S, 2020, Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19, jurnal inspirasi manajemen pendidikan ,Vol. 9, hal 186-199.

Rahayu, A. S., Amalia, A. R., & Maula, L. H, 2020, Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar, Jurnal PGSD, Vol 6, hal 1–6.

Rigianti, 2020, Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara, Elementary School, Vol 7, hal 297–302.

Rozi, Mochamad Fachrur, 2020, Antologi Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Era Pandemi Virus Corona 19 di Berbagai Sektor Pendidikan. Tulung Agung:Akademia Pustaka.

Siahaan, M, 2020, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, Jurnal Kajian Ilmiah , Vol1, hal 1-3.

Suhendro, E, 2020, Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19,Jurnal Golden Age, Vol 5, hal 133–140.

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M, 2020, Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19, Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, hal 140–160.

Syarifudin, A. S, 2020, Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, Vol 5, hal 31–34.




DOI: https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i2.4394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Forum Paedagogik Jurnal Pendidikan Agama Islam

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414


View My Stats