Editorial Policies

Focus and Scope

DIRASATUL IBTIDAIYAH adalah jurnal yang membahas temuan-temuan baru dalam pendidikan dasar khususnya di SD / MI. Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian asli dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Semua tulisan ditinjau sejawat oleh setidaknya dua pengulas.

Ruang lingkup DIRASATUL IBTIDAIYAH adalah:

  1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI / SD)
  2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan muatan Lokal di Sekolah Dasar (MI / SD)
  3. Media dan Teknologi Pembelajaran di Pendidikan Dasar (MI / SD)
  4. Strategi Pembelajaran di Pendidikan Dasar (MI / SD)
  5. Kompetensi Guru di Pendidikan Dasar (MI / SD)
  6. Asesmen di Pendidikan Dasar (MI / SD)
  7. Neuro Psikolinguistik Anak di Pendidikan Dasar (MI / SD)
  8. Manajemen Berbasis Sekolah pada Pendidikan Dasar (MI / SD)

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

DIRASATUL IBTIDAIYAH menggunakan sistem pengiriman dan review online. Pengajuan dan peer review setiap artikel harus dikelola menggunakan sistem ini dan berdasarkan Kebijakan Peer Review berikut.

Naskah artikel yang dikirimkan secara online ke DIRASATUL IBTIDAIYAH akan diperiksa oleh redaksi mengenai fokus dan cakupan, template artikel, dan plagiarisme (max simmilarity 25%)
Naskah yang memenuhi kriteria fokus dan ruang lingkup DIRASATUL IBTIDAIYAH akan dilanjutkan ke proses review yang minimal akan direview oleh reviewer dengan double blind review.
Proses Reviewing akan mempertimbangkan kebaruan, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.
Proses review oleh reviewer dilakukan setidaknya dalam empat minggu. Editor akan membuat keputusan akhir terkait pengiriman ke penulis terkait berdasarkan rekomendasi reviewer. Artikel yang memenuhi syarat akan diterbitkan pada jurnal DIRASATUL IBTIDAIYAH.
DIRASATUL IBTIDAIYAH akan melindungi kerahasiaan semua materi yang dikirimkan ke jurnal dan semua komunikasi dengan reviewer.

 

Publication Frequency

Dirasatul Ibtidaiyah terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Terbitan pertama pada bulan Juni 2021

 

Publication Frequency

DIRASATUL IBTIDAIYAH Terbit dua kali dalam setahun yaitu Edisi 1 pada bulan Juni dan Edisi 2 pada bulan Desember.

 

Publication Ethics

DIRASATUL IBTIDAIYAH adalah jurnal peer review yang membahas tentang temuan baru dalam pendidikan dasar khususnya di SD / MI. Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian asli dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Pernyataan berikut ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk penulis, editor, reviewer, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Penerbitan artikel di peer-review DIRASATUL IBTIDAIYAH adalah blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukungnya. Artikel peer-review mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit dan masyarakat.

Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan sebagai penerbit DIRASATUL IBTIDAIYAH menjalankan tugas perwalian atas semua tahapan penerbitan dengan serius dan kami mengakui tanggung jawab etis dan lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau memengaruhi keputusan editorial.

Setelah Anda selesai membaca Pernyataan Etika Publikasi ini, silakan unduh Surat Perjanjian Hak Cipta. Harap tanda tangani dan kirimkan Pernyataan Etis sebagai bagian dari kiriman artikel awal Anda. Perjanjian Hak Cipta harus diserahkan sebelum artikel dapat dipublikasikan.

Keputusan publikasi

Editor DIRASATUL IBTIDAIYAH bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang harus diterbitkan di jurnal. Validasi pekerjaan yang dimaksud dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait fitnah, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Publikasi yang adil

Seorang editor setiap saat mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit yang sesuai.

Pengungkapan dan konflik kepentingan

Materi yang tidak diterbitkan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Reviewer

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam memperbaiki artikel.

Kecepatan

Reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah naskah atau mengetahui bahwa peninjauan segera tidak mungkin dilakukan harus memberi tahu editor dan minta diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Manuskrip tersebut tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi penulis tidak pantas. Reviewer harus mengungkapkan pandangan mereka secara jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber

Peninjau harus mengidentifikasi karya terbitan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan observasi, derivasi, atau argumen yang telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor untuk setiap kesamaan atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang mereka ketahui secara pribadi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari hubungan atau koneksi kompetitif, kolaboratif, atau lainnya dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terkait dengan makalah tersebut.

 

Tugas Penulis

Standar pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan akurat tentang penelitian yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus disajikan secara akurat di artikel. Sebuah artikel harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, maka ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

Publikasi Ganda, Berlebihan atau Bersamaan

Seorang penulis pada umumnya tidak boleh menerbitkan manuskrip yang mendeskripsikan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan manuskrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat atas pekerjaan orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan.

Kepenulisan Makalah

Penulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari studi yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama. Jika ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis terkait harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas disertakan di atas makalah dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi akhir makalah dan telah menyetujui penyerahannya untuk dipublikasikan.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, itu adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk mencabut atau memperbaiki makalah tersebut.

 

Plagiarism Check

Setiap artikel yang disubmit pada jurnal DIRASATUL IBTIDAIYAH akan dilakukan proses pemeriksaan tingkat plagiarisme menggunakan Turnitin. Hanya artikel yang memperoleh similarity di bawah 25% yang akan diteruskan ke reviewer untuk seterusnya dilakukan proses review konten artikel. Kami sangat menekankan keoriginalan karya dan menolak keras kejahatan akademik seperti plagiarisme.

 

Reference Management

Format pengutipan dan penulisan daftar pustaka di jurnal DIRASATUL IBTIDAIYAH harus menggunakan aplikasi MENDELEY atau ZOTERO dengan citation style American Psychological Association 6th Ed (APA).