Dakwah Moderat Pendakwah Nahdatul Ulama (Analisis Konten Moderasi Beragama Berbasis Sejarah)

Syaifuddin Syaifuddin (UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia)
Mohd Ali Azis (UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia)

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dakwah moderasi yang berbasis sejarah, dengan menganalisis konten dari beberapa tokoh NU sebagai pegiat dakwah yang ada dimedia sosial (youtube), dimana para  pegiat dakwah dituntut untuk menyebarkan nilai-nilai moderasi islam sehingga tercipta keharmonisan dalam kehidupan masyarakat dan untuk menampilkan keislaman yang rahmatan lil alamin yaitu sebagai bentuk kasih sayang kepada seluruh manusia.  Penelitian ini menggunakan analisis konten yang bertujuan untuk mengungkap dakwah moderasi agama yang berbasis sejarah bagi para pendakwah NU. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah K.H. Muhammad Muwafiq (Gus Muwafiq), K.H Ahmad Baha’udin Nursalim (Gus Baha’), dan Dr. Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Yahya. Sumber data penelitian ini merupakan video ceramah tentang dakwah moderasi beragama yang berbasis sejarah di YouTube. Metode pengumpulan data dari isi video yang berasal di media sosial (Youtube) setelah itu melakukan coding untuk melakukan pemilihan yang sesuai. Sedangkan dalam analisis data penulis menafsirkan dakwah yang disampaikan oleh para pendakwah melalui media sosial (YouTube). Adapun hasil dari penelitian terhadap dakwah moderasi yang disampaikan oleh ulama-ulama NU adalah pentingnya menanamkan dan menyebarkan moderasi dalam Islam agar tercipta ketenangan dalam beragama dan  kenyamanan dalam bernegara.

 


Full Text:

PDF

References


Atikah, Mumpuni, Integrasi Karakter dalam Buku Nilai Pelajaran Analisis Kontens buku Teks Kurikulum 2013, (Yogyakarta, Deepublish, cet 1 2018).

Ali Aziz, Moh, Bersiul di Tengah Badai; Khutbah Penyemangat Hidup (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, Cet. 1. 2015).

Al Asy’ari yang berhasil memadukan antara teks-teks suci dan rasio. Imam Abu al Hasan ‘Ali bin Isma’il al Asy’ari, Maqalat al Islamiyyin Wakhtilaf al Mushallin (Cet. 3. 1980).

Ainur Muhammad, Gus Muwafiq: menggenggam dalil merawat tradisi, menjaga kebangsaan indonesia (yogyakarta: Laksana Cet. 1 2019).

Basit, Abdul, “Dakwah Cerdas di Era Modern”, Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 3, No. 1 (Juni, 2013).

Christina Schori, Liang, Cyber Jihad: Understanding and Countering Islamic State Propaganda, (Geneva Centre for Security Polivy, 2015).

Darajat, Zakiya, “Muhammadiyah dan NU: Penjaga Moderatisme Islam di Indonesia”, Hayula:Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, Vol. 1, No. 1 (Januari, 2017).

Enjang AS, dan Aliyuddin, Dasar-dasar ilmu Dakwah, (Bandung: widaya Padjadjaran, 2009).

Farida, ida, Metode dakwah habib lutfi Ali Bin Yahya diradio abirawa 106.20 mhz Batang, (skripsi, Fakultas Dakwah IAIN Wali Songo Semarang, 2008).

Halim Mahmud, Abd, Al Islam wa al Iman (Kairo: Dar Gharib, t.th).

Iwan Abdi Muhammad, Dakwah Islam Moderat Perspektif Haji Agus Salim, (Jurnal, Vol.XV. No. 1, Juni 2020).

Meirison, Desmadi Saharuddin, Rosdialena, dan Muhammad Ridho, Moderasi Islam Dalam Kesetaraan Gender (Komparasi Terhadap Agama yahudi dan Nasrani, (Jurnal, Vol,6 No.1 2020).

Nurhisam, Luqman, “Islam Nusantara: A Middle Way?”, Shahih, Vol. 1, No. 2 (Juli – Desember, 2016).

Nawawi, Abdul Muid, Dakwah Islam Moderat dan Realitas Politik Identitas dalam Masyarakat Meme, (Jurnal Bimas Islam Vol 12 No.1, 2019).

Naseri, Fahimeh, “Islamic Tolerance and the West: Early Encounters and Influences”, International Journal of Islamic Thought, Vol. 5 (June, 2014).

Raco, Metode Penelitian Kualitatif jenis, karakteristik, dan keunggulannya, (jakarta: grasindo, 2010).

Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah (Jakarta: Grafindo Persada, 2012).

Sunarto AS, Kiai Prostitusi: Pendekatan Dakwah K.H. Muhammad Khoiron Syu’aib diLokalisasi Surabaya (Surabaya: Ikatan Dai Area Lokalisasi Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur, 2012).

Seyed Ebrahim Hosseini, et al, “The Impact of Information Technology on Islamic Behaviour”, Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology, Vol. 1, No. 5 (December, 2014).

Usamah al Sayyid al Azhari, Asaanid al Mashriyyin (Kairo Dar al Faqih, Cet. 1, 2011).

Syahrul Gunawan Muhammad, Retorika Dakwah KH. Bahauddin Nur Salim Dimasjid sirotol mustakim ansa Korea selatan dalam dalam Youtube. (Skripsi, Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, 2020).




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v15i1.3248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.