Komunikasi Persuasif Dosen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakutas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan

Darwin Harahap

Abstract


Manusia adalah satu-satunya makhluk di muka bumi yang dilengkapi akal pikiran, yang tidak dimiliki mahluk lain. Manusia juga dilengkapi panca indra berupa mata, telinga, hidung, tangan dan kaki. Dengan keadaan ini manusia sebagai makhluk yang paling sempurna ciptaan-Nya. Melalui panca indra manusia berusaha mengenal gejala-gejala alam dan gejala sosial yang dapat dilihat, didengar, diraba dan dicium. Usaha pengenal ini berlangsung sejak seorang lahir di dunia.

Manusia sebagai makhluk sosial senantiasa berhubungan dengan orang  lain. Oleh karenanya, manusia berkomunikasi antar individu atau antar kelompok. Manusia bersifat sekeftis terhadap suatu hal yang diketahui sebelumnya, sehingga dengan sendirinya akan berusaha memperoleh informasi yang ia ketahui dengan jalan komunikasi. Eksistensi seseorang dalam berkomunikasi ditunjukkan dalam bentuk suatu keinginan yang ia ingin peroleh dari orang lain. Dan untuk memenuhi kebutuhan emosional dan intelektualnya. Dalam komunikasi tersebut terjadilah sebuah hubungan yang baik dengan orang lain yang terlibat dalam komunikasi itu.


 


Full Text:

PDF

References


A. Muis, Komunikasi Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001

Adi Satrio, Kamus Ilmih Populer, Visi 7, Jakarta, 2005

Ali Imron, Pembinaan Guru di Indonesia, Pustaka Jaya, Jakarta, 1995

Chalijah Hasan, Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, Al-Ikhlas, Jakarta, 1994

Dan Nimmo, Komunikasi Politik , Rosda Karya, Bandung, 1995.

Deddy Mulyana, Ilmu komunikasi Suatu pengantar, Remajarosda karya, Bandung, 2002

Depag RI, Alqur’an dan Terjmahnya, Aisyiah, Surabaya, 1099.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2002

E. Mulyasa, Dasar-Dasar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1990

H. yaiful Sagala, Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2007

Hafied Changara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Grafindo Persada, Jakarta, 2004

Jaladdin Rakhmat, Ilmu Retorika, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000

Lathief Rousydy, Rhetorika Komunikasi dan Informasi, Firma Rimbow, Medan, 1989

Muhabbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1999.

Onong Uchjana Effendi, Dinamika Komunikasi, Rosdakarya, Bandung, 2000

Onong Uchjana Effendi, Hubungan Masyarakat Suatu Sudi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002

Onong Uchjana, Ilmu komunikasi, Remaja rosyda karya, Bandung, 2001

Phil Astrid Susanto, Komunikasi Dalam Teori dan Praktek, Bina Cipta, tt..

Saiful Bahri Djamarah-Aswan Zain, Strategi Belajar, Reneka Cipta, Jakarta, 2006

Santoso Sastroteotro, Partisipasi Komunikasi Persuasi Disiplin Dalam Pembangunan Nasional, Alumi, Bandung, 1998

Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada, 1996

Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 1990

Syukur Kholil, Metode Penelitian Komunikasi, Cita Pustaka Media, Bandung, 2006

WA. Gerungan, Psikologi Sosial, Eresco, Bandung, 1986




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v14i1.2437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.


JURNAL HIKMAH TERAKREDITASI SINTA 4