The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Strategi dakwah menjadi salah satu kunci keberhasilan dakwah seorang da’i, seperti stretegi dakwah yang dilakukan oleh rosulullah yang kemudian mengantarkan Islam pada kondisi sekarang, Islam dikenal diseluruh penjuru dunia. Selain strategi seorang da’i diharapkan mampu memahami tantangan dakwah yang dihadapinya, sehingga da’i dapat Menyusun materi, metode, strategi dan media yang akan digunakan dalam dakwanya. Metodologi penelitian ini adalah metodologi kualitatif, dengan pendekatan sosiologi. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan tentang strategi dan tantangan dakwah rosulullah dan relevansinya dalam konteks kekinian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa  terdapat beberapa strategi dakwah rosulullah yang masih relevan dengan konteks kekinian, di antaranya adalah pendektan personal, pendidikan, penawaran, missi, korespondensi dan diskusi. Strategi dakwah di atas dapat diaplikasikan oleh da’i-da’i kontemporer untuk mendapatkan hasil maksimal dalam dakwahnya. Artinya dakwah tidak hanya dilakukan secara oral atau dalam bentuk ceramah dari satu panggung ke panggung yang lain. Karena pada dasarnya dakwah tidak hanya dalam bentuk dakwa bil lisan namun juga dakwah dapat dilakukan dengan strategi keteladanan seperti halnya yang dilakukan oleh rosulullah.