STUDENTS’ MASTERY IN IDENTIFYING ADVERBS AT GRADE VIII SMP N 2 BATANG TORUTAPANULI SELATAN

Ranisa Ranisa ()
Erawadi Erawadi (IAIN Padangsidimpuan)
Hamka Hamka (IAIN Padangsidimpuan)

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penguasaan siswa dalam mengidentifikasi adverb di kelas VIII SMP N 2 Batang Toru Tapanuli Selatan yaitu adverb of place, adverb of time, adverb of manner dan adverb of degree. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti tahu bahwa ada banyak faktor yang berkaitan dengan penguasaan siswa dalam mengidentifikasi adverb. Namun, di sini, peneliti hanya berfokus untuk mengetahui penguasaan siswa dalam mengidentifikasi adverb berdasarkan tes. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah pada pertanyaan spesifik sebagai berikut: “Bagaimana penguasaan siswa dalam mengidentifikasi adverb di kelas VIII SMP N 2 Batang Toru Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi penguasaan siswa dalam mengidentifikasi adverb. Metode penelitian dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes, jenis tesnya adalah tes pilihan ganda A, B, C, dan D. Siswa diperintahkan untuk memilih jawaban terbaik dari pilihan ganda. Maka sampel penelitian ini adalah 25 siswa, yaitu 4 kelas, kelas VIII-1, VIII-2, VIII-3, dan VIII-4. Untuk menganalisis data, peneliti menilai rata-rata untuk mengetahui kategori penguasaan siswa dan  Z test adalah untuk menemukan pengujian hipotesis untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau tidak. Setelah menghitung data ditemukan bahwa penguasaan siswa dalam mengidentifikasi adverb pada siswa kelas VIII SMP N 2 Batang Toru Tapanuli Selatan adalah skor 32,98 masuk dalam kategori rendah, karena nilai skor rata-rata adalah 21% - 40%. Itu dapat dikategorikan ke dalam kategori rendah. Kemudian, hipotesis yang ditemukan adalah “penguasaan siswa dalam mengidentifikasi kata keterangan di kelas VIII SMP N 2 Batang Toru Tapanuli Selatan sampai dengan kategori rendah”. Dari hasil pengujian hipotesis, peneliti menemukan bahwa hipotesis diterima. Hal ini dapat dibuktikan dari Zcount = -77,77 <Ztable = 0,05 dengan tingkat signifikan 0,05 atau 5%. Jadi, dari hasil di atas, peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, penguasaan siswa dalam mengidentifikasi kata keterangan di kelas VIII SMP N 2 Batang Toru Tapanuli Selatan adalah kategori rendah.


Keywords


adverb of place, adverb of time, adverb of manner and also adverb of degree.

Full Text:

PDF

References


Barbara Dykes, Grammar for Everyone,Australia: Acer Press 2007

John Eastwood, Oxford Guide to English Grammar,Newyork: Oxford University Press 2002

Joice Amstrong Carrel, Writing and Grammar, New Jersey: Prentice Hall, 2001

Lingga Hotben D, Intisari Tata Bahasa Inggris Kontemporer, Jakarta: Kesaint Blanc, 2003

L. R Gay & Airasian, Educational Research: Competent for Analysis & Application, U.S.A: Prentice Hall, 2000

Mc. GrawHill, Grammar Practice Book,New york: Florida treasure 2005

Naeyc, Assessing Young English Language Learners, Newyork: National Association for the education of young children, 2009

Nirmala Sari, An Instruction to Linguistics, Jakarta: debdikbud, 1998

Sara Cushing Weigle, Assesing Writing, Cambridge: Cambridge University Press, 2002

Trimortiwiryaningsih, S.Pd, The English Teacher of SMP N 2 Batang Toru TapanuliSelatan, Interview at Dec 2 nd 2017.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v6i2.1271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats