The Effect of Suggestedia Method on Students’ Speaking Ability at Grade VIII MTsN Model Padangsidimpuan Lokasi Ujung Gurap

Anggi Laila Zdikriah, Rayendriani Fahmei Lubis, Zainuddin Zainuddin

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengaruh metode sugestopedia pada kemampuan berbicara siswa di kelas VIII MTsN Model Padangsidimpuan Lokasi Ujung Gurap. Masalah siswa dalam berbicara adalah: 1) siswa tidak dapat berbicara di kelas bahasa Inggris; 2) penguasaan kosakata siswa kurang dan siswa merasa sulit mengucapkan kata-kata; 3) siswa menjadi bosan dan merasa tidak tertarik dalam berbicara; 4) akhirnya, banyak siswa kurang motivasi dan perhatian untuk berbicara bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan Metode Suggestopedia pada Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas VIII MTsN Model Padangsidimpuan Lokasi Ujung Gurap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasi adalah siswa kelas VIII MTsN Model Padangsidmpuan Lokasi Ujung Gurap. Total populasi adalah 3 kelas. Dua kelas dipilih dengan cluster sampling. Mereka adalah VIII-11 (kelas eksperimen) dan VIII-12 (kelas kontrol). Itu diambil setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Data berasal dari pre-test dan post-test. Untuk mengukur data, peneliti menggunakan rumus uji-t. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen setelah menggunakan metode sugestopedia lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan metode suggestopedia adalah 62,6 dan kelas kontrol adalah 61,8. Kemudian, nilai rata-rata kelas eksperimen setelah menggunakan metode suggestopedia adalah 74.1 dan kelas kontrol adalah 65.6. Selain itu, skor t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,22> 2,021). Ini berarti bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Metode Suggestopedia pada Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas VIII MTsN Model Padangsidimpuan Lokasi Ujung Gurap.


Keywords


Suggestopedia Method, Students’ & Speaking Ability

Full Text:

PDF

References


Asher, James J, Learning Another Language Through Action The Complete Teachers’ Guide Book, (California: Sky Oaks Production, 1983)

Bambang Setiadi, Teaching English As a Foreign Language, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006)

Bailey, Kathleen M, Practical Language Teaching Speaking, (Singapore: Mc Graw Hill, 2005)

Brown, Doughlas, Teaching by Principles: An interactive approach to language pedagogy (New Jersey: Englewood Cliffs, 1994)

Clark & Clark, Psychology and Language, (New York: Harcourt Brace Jovenovich Inc, 1977)

Daryanto, Strategi dan Tahapan Mengajar, (Bandung: CV Yrama Widya, 2013)

Donough, Joe Mc, Material and Methods in ELT (A Teacher’s Grade Cambridge: Blackwell, 2003)

Gay, L.R & Peter Airasian, Educational Research for Analysis and Application, (America: Prentice Hall, 1992)

Harmer, Jeremi, The Practice Language Teaching, (London: Longman, 2001)

Hornby, A.S Oxford Learner’s Pocket Dictionary, (New York: Oxford University Press, 2008)

Hughes, Arthur, Testing for Language Teachers, (London: Cambridge University Press, 2003)

Jonathan Newton, I.S.P Nation, Teaching ELS/ELF Listening And Speaking, (New York: Routledge, 2009)

Lado, Robert, Language Testing: The Construction and Use of Foreign Language Tests, (USA: Mc Graw Hill Book Company, 1961)

Larsen, Freeman Diane Techniques an Principles in Language Teaching, (New York: Oxford University Press, 2000)

Levanoz, George, Suggestopedia-Desuggesting Teaching of Communicative Method on The Level Of The Hidden Reserves Of The Human Mind, (NewYork: Gordon and Breach, 1978)

Mardalis, Metode Penelitian:suatu pendekatan proposal (Jakarta: Bumi Aksara,2003)

Neufeldt, Victoria, Webster New World College Dictionary-3 Rd, (New York: Simon & Schuster Inc, 1995)

Nunan, David, Practical English Language Teaching, (Singapore: Mc. Graw Hill, 2003)

Richard, Jack & Theodore S. Rogers Approaches and Method in Language Teaching: a description analysis, (New York: Cambridge University Press, 2001)

Stevick, Earl W, Memory, Meaning and Method, (USA: Newburry house, 1976)

Syaiful Bahri Djamarah Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT, Asdi Maharsya, 2006)

Tarigan, Henry Guntur, Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, (Bandung: Angkasa, 1986)

Jeff, A Critical Review of Suggestopedia accessed from http://jeffstar.blog.sohu.com/43920795.html, retrieved 18 Mei 2017

Karolina Lesiak, Teaching English to Adolescent, accessed from http://www.wordl scientificnews.com/wp-content/upload/2015/06/WSN-7-2015-246-260.pdf, retrieved 8 Mei 2017

Nova Eka Sari, Advantage and Disadvantages of Suggestopedia Method, accessed from http:// .wordpress.com/2011/06/12/a-teaching-method-suggestopedia, retrieved 15 November 2016

Tami Asriani, The Effectivness by Using Suggestopedia Method on Students Reading Comprehension in Narrative Text (A Quasi Experimental Study at Third Grade Students of MTsN II Pamulang, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2015), accessed from http://repository.uinjkt.ac.id/space/bitsream/123456789/29606/3/TAMI%20Asriani-ftik.pdf retrieved Mei 18th 2017

Tri Anggono Sulistiono “The Effectiveness of Using Suggestopedia Method in Teaching Speaking at Grade X of SMA Negeri 1 Kayen, (Semarang: UNNES, 2011), accessed from http://lib.unnes.ac.id/959/1/6991.pdf retrieved Mei 18th 2017

Wahyu Erwanto, Improving the Speaking Ability of the Seventh Grade Students of MTsN 01 Kudus Taught by Using Suggestopedia Method in Academic Year 2013/2014, (Kudus: Universitas Muria Kudus 2014) accessed from, http://eprints.umk.ac.id.3606/1/Hal judul.pdf retrieved Mei 18th, 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



English Education: English Journal for Teaching and Learning

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournaltbi@gmail.com


Flag Counter