Implementasi Penentuan Zonasi Dalam Pemerataan Pendidikan Siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan

Ihwanuddin Pulungan* -  SMA Negeri 1 Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal, Indonesia

Penerimaan siswa baru di SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan dilakukan dengan sistem zonasi. Rumusan masalah penelitian: 1. Bagaimana penentuan zonasi pada siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. 2. Bagaimana pemerataan pendidikan pada siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian adalah kualitatif. Prosedur pengumpulan data dengan pendekatan deskriptif.Sumber data penelitian terdiri dari dua sumber yaitu: primer dan sekunder.Instrumen Pengumpulan data observasi, wawancara, dokumen. Hasil penelitian menunjukkan penentuan zonasi pada siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan pada dasarnya kurang tepat mengingat SMA Negeri 1 Sayur Matinggi berlokasi 1 km dari ibukota kecamatan Sayur Matinggi di mana wilayahnya  akses transfortasi tidak ada dengan angkutan umum, sehingga masyarakat Sayur Matinggi mencari sekolah yang akses tranportasi mudah. Pemerataan pendidikan pada siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan dikategorikan  merata. 

Keywords : implementasi, zonasi pendidikan, pemerataan pendidikan.

  1. Ahmad Nizar Rangkuti, 2015, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media.
  2. H.A.Tilaar, 1998, Beberapa Agenda ReformasiPendidikanNasional,Mangelang, Tera Indonesia.
  3. JejenMuslah, 2018, AnalisisKebijakanPendidikanMengurangiKrisisKarakterBangsa, Jakarta, Kencana.
  4. Lexy J. Moleong, 2006, MetodologiPenelitianKualitatif (Bandung: RemajaRosdakarya.
  5. Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Muhammad Ali, 2009, PermasalahanPendidikanNasional, Jakarta: Grasindo.
  7. Sudiyono. 2009. Regrouping Sebagai Upaya Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: dee publish.
  8. Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
  9. Sukardi, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara.

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI


View My Stats

Flag Counter