MEMBANGUN LOYALITAS NASABAH MELALUI PENGUATAN DIGITALISASI DI INDONESIA

Nadya Az Zahra (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Lemiyana Lemiyana (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Muhamad Rahman Bayumi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)

Abstract


Kepuasan dan loyalitas merupakan faktor penting dan menjadi tujuan setiap perusahaan tak terkecuali perbankan. Layanan mobile banking di era teknologi menjadi pilihan bagi nasabah, oleh karena itu E-Service Quality serta E-Trust perlu dibangun demi mencapai loyalitas dan kepuasan nasabah. Mengetahui pengaruh dari E-Service Quality dan E-Trust terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Merdeka yang dimediasi oleh Kepuasan Nasabah adalah tujuan dari penelitian. Metode pengumpulan data adalah melalui kuesioner menggunakan skala likert. Populasinya berjumlah 2.100 nasabah, sampelnya berjumlah 95 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengaruh positif dan signifikan ditunjukkan oleh Path Coeficient mengenai E-Service Quality dan E-Trust pada loyalitas nasabah. Selain itu, pengaruh positif signifikan juga diberikan oleh E-Service Quality dan E-Trust pada kepuasan nasabahnya. Kepuasan nasabah dapat memediasi hubungan E-Service Quality dan E-Trust terhadap loyalitas nasabah.


Keywords


E-Service Quality, E-Trust, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah, Perbankan Syariah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Prof. Ma’ruf. Living in the world that is fit for habitation : CCI’s ecumenical and religious relationships. Aswaja Pressindo, 2015.

Andayani, Triya, Nursaban Rommy, Nofal Nur, Aidin Hudani Awasinombu, dan Juharsah Juharsah. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Nasabah Bank Negara Indonesia (Bni) Pengguna Mobile Banking).” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 13, no. 2 (2021): 164. https://doi.org/10.55598/jmk.v13i2.23324.

Anuraga, Gangga, Edy Sulistiyawan, dan Siti Munadhiroh. “Structural Equation Modeling – Partial Least Square Untuk Pemodelan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Di Jawa Timur.” Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 2017, 257–63.

Bartikowski, Boris, dan Dwight Merunka. “Modeling the effects of the three dimensions of trust towards the e-vendor on online consumer behavior.” Systèmes d’information & management Volume 20, no. 1 (2015): 9–30. https://doi.org/10.3917/sim.151.0009.

Bintari, Wulan Probo, IBN Udayana, dan Bernadetta Diansepti Maharani. “Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri).” Jurnal Perspektif 20, no. 1 (2022): 68–75. https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.12286.

Danuri, Muhamad. “Development and transformation of digital technology.” Infokam XV, no. II (2019): 116–23.

Fajar, Muhammad, Gugyh Susandy, dan Devy Widya Apriandi. “E-Trust and E-Service Quality Influence on E-Loyalty Users of Bni E-Banking in Subang District.” JABI (Journal of Accounting and Business Issues) 1, no. 1 (2019): 47–53. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/jabi.

Hasanah, Firda Atsalis Maulidya. “Ancaman Phising Pada Pengguna Online Banking,” 2014. http://ilmusisteminfo.com/upload/file_pdf/ANCAMAN PHISING PADA PENGGUNA ONLINE BANKING 1567491587.pdf.

Khotimah, Husnul, Muhammad Khafid, dan Amin Pujiati. “Sikap Konsumen dan Gaya Hidup Mahasiswa dalam Keputusan Pembelian Produk Fashion Melalui Minat Beli.” Journal of Economic Education 5, no. 2 (2016): 110–21.

Manajemen, Prodi, Fakultas Ekonomi, dan Universitas Bung Hatta. “PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-LOYALTY DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL ( Studi Kasus : Konsumen E-Commerce Shopee di Kota Padang ),” 2015, 1–4.

Marwanah, Siti, dan Muchsin Saggaf Shihab. “Pengaruh kualitas pelayanan elektronik dan kepuasan terhadap kepercayaan konsumen serta dampaknya terhadap loyalitas konsumen.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 4, no. 7 (2022): 2804–22. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue.

Mubarok, Andika, dan Nirma Kurriwati. “Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap E-Satisfaction Pada Nasabah Pengguna Aplikasi Mobile Banki¬ng Bank Tabungan Negara Bangkalan.” Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM) 1, no. 1 (2021): 91–97. https://doi.org/10.21107/jkim.v1i1.11336.

Prasetyo, Aditya Nur, dan Husna Leila Yusran. “Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction Pada Pengguna E-Commerce.” Ijd-Demos 4, no. 1 (2022): 137–51. https://doi.org/10.37950/ijd.v4i1.193.

Ramadhana, Dhika Prasetya. “Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening.” Director 15, no. April (2019): 2017–19.

Razak, Abdul, Jusbair Baheri, Muhammad Irsyad Ramadhan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari, dan Mi Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Negara Indonesia Cabang Kendari. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kendari How to cite (APA Style).” Journal of Economic and Business 1, no. 2 (2018): 10–20. http://journal.stie-66.ac.id/index.php/sigmajeb.

Subodh kesharwani, dan Kunwar Sanjay Tomar. “Has COVID -19 Pandemic altered the Volatility Spillover and Connectedness based on Size of Market Portfolios?” Global Journal of Enterprise Information System 12, no. 3 SE-View Point (VP) (2021): 74–83. https://doi.org/10.18311/gjeis.

Wedhana Purba, Ida Bagus Gde Indra, dan I Gusti Ayu Tirtayani. “Pengaruh E-Price Dan E-Trust Terhadap E-Loyalty Pada Era Pandemik.” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 10, no. 02 (2021): 99. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i02.p06.




DOI: https://doi.org/10.24952/yurisprudentia.v9i2.8588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi diterbitkan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum 

Jl. T. Rizal Nurdin KM 4,5 Sihitang Padangsidimpuan

e-mail : yprudentia@gmail.com

ISSN CETAK: 2442-6822

ISSN ONLINE: 2580-5134

 

 Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License