DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP JILBAB MEREK ZOYA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PADANGSIDIMPUAN

Berlian Delima Sari Lubis Muhammad Wandisyah (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Jilbab Zoya menempati peringkat pertama dalam TOP Brand  Indeks dari tahun 2016-2020. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan hasil peneitian yang dilakukan peneliti karena menempati peringkat terakhir pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya hidup dan atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian jilbab merek Zoya pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.  dengan jumlah  sampel 86 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabiltas menggunakan alat bantu SPSS Versi 25. Uji outer model yang terdiri dari convergent validity, discriminant validity, dan composite reliability selanjutnya uji inner model yang terdiri dari uji determinasi (R2) dan uji Bootstraping dengan menggunakan alat bantu Smart PLS Versi 3.2.7.

 Hasil P-Value (Bootstraping) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian jilbab Zoya pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  IAIN Padangsidimpuan secara positif dan signifikan. Tidak terdapat pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian jilbab Zoya pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  IAIN Padangsidimpuan secara positif dan signifikan. Uji determinasi (R2) menunjukkan kemampuan variabel gaya hidup dan atribut produk dalam penelitian yang dilakukan terhadap keputusan pembelian jilbab Zoya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan sebesar 59,1%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.