Determinan Keputusan Pembelian Masyarakat di Pasar Raya Kodok Kota Padangsidimpuan

Khoiriyah Nasution Delima Sari Lubis Hamni Fadlilah Nasution (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Keputusan pembelian adalah suatu proses penyelesaian masalah yang terdiri dari menganalisa atau pengenalan kebutuhan keinginan, pencarian informasi, penilaian sumber-sumber seleksi terhadap alternatif pembelian, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian. Namun konsumen tentu lebih memilih untuk berbelanja di pasar tradisional dibandingkan dengan pasar modren dengan alasan harga yang lebih terjangkau dan lokasi yang mudah diakses dibandingkan  dengan berbelanja di pasar modren dimana harga yang ditawarkan lebih mahal dan lokasi yang tidak mudah diakses oleh masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian masyarakat di pasar Raya Kodok Kota Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian masyarakat di pasar Raya Kodok Kota Padangsidimpuan.

Pembahasan berkaitan dengan keputusan pembelian, harga dan lokasi. Keputusan pembelian adalah suatu proses penyelesaian masalah yang terdiri dari menganalisa atau pengenalan kebutuhan keinginan, pencarian informasi, penilaian sumber-sumber seleksi terhadap alternatif pembelian, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian. Harga merupakan suatu atribut yang terdapat pada produk/jasa yang digunakan oleh sebagian besar konsumen untuk mengevaluasi produk atau jasa tersebut. Lokasi adalah kegiatan  perusahaan  untuk  menjual  produk    dengan    harga    terjangkau    dan  tersedianya  target  pasar

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif sedangkan informasi yang diperlukan oleh peneliti diperoleh secara langsung pada objek penelitian dengan menyebarkan angket terhadap responden sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode wawancara, angket dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen kemudian analisis data yang digunakan adalah uji asumsi dasar, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan lokasi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Pasar Tradisional Raya Kodok Kota Padangsidimpuan.

 

Keywords: Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Asnawi, Nur dan Masyuhri. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Firmansyah, Anang. Pemasaran (Dasar Dan Konsep). Jakarta: Qiara Media, 2019.

Hamonangan, Frederick Ido. “Pengaruh Lokasi, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Laundry (Studi Kasus pada Konsumen Simply Fresh Laundry di Tembalang, Semarang).” Journal Of Social And Political Of Science, 2017.

Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara, t.t.

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta, 2005.

Irianto, Agus. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, t.t.

Keller, Kotler. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Macana Jaya Cemerlang, 2008.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Syaamil Qur’an, 2010.

Kevinli, dan Pesta Gultom. “Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Quality Fried Chiken Jalan Ismaliyah Medan.” Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya (JMBEP), Vol. 6, No. 1 (2020).

Kiswuryanto, Reza Pradipta dan Augusty Tae Ferdinans. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Online “Fisheye Outlet.” Diponegoro Journal Of Management Vol. 5, No. 4 (2016).

Kurniawan, Arief Rakhman. Total MarketingSegala Tentang Marketing & Bagaimana Menjadi Sales Handal. Yogyakarta: Buku Kita, 2014.

Maisaroh, Uhti. “Pengaruh Faktor Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Konsumen (Studi Kasus Multi Mart Batanghari Kab. Lampung Timur.” Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2017.

Mardialis. Metode Penarikan Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Meithiana. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press, 2019.

Morison. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana, 2015.

Muslimin, Supriadi, Zainab dan Wardah Jafar. “Konsep Penentuan Harga Dalam Perspektif Islam.” Al-Azhar Journal Of Islamic Economis Vol. 2, No. 1 (2020).

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Nurdin, ismail dan Sri Hartati. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, t.t.

Priyanto, Dwi. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Raharjo, Kurniawan dan Suryono Budi Santosa. “Analisis Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di T.B Rajawali Kalicilik, Demak (Studi Kasus Toko Bangunan Rajawali Kalicilik, Demak.” Diponegoro Journal Of Management Vol. 4, No. 4 (2015).

Rangkuti, Ahmad Nizar. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media, 2015.

Ratna, Dewi dan Sri Hartini. “Pengaruh Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Mie Korea (Survey Pada Pengunjung Kedai Mie Korea).” Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen Vol. 2, No. 1 (2020).

Riyanto, slamet dan Aglis Andhita Hatmawan. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2020.

Romadoni, Wahyu. “Pengaruh Promosi OVO Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Pada Pengguna OVO.” Jurnal Ecoreneur Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Vol. 3, No. 1 (2020).

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. Perilaku Konsumen :Pendekatan Prkatis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Santi, Ibu, Oktober , Pukul 08.00 WIB 2018.

Sari, Ayu Ratih Permata dan Ni Nyoman Keti Yasa. Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemalll. Com. Semarang: Lakeisha, 2020.

Seran, Sirilius. Metodologi Penelotian Ekonomi Dan Sosial. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2020.

Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontenporer Pada Motif Tujuan dan Konsumen. Jakarta: Kencana, 2010.

Setiawan, dan Dwi Endah Kursini. Ekometrika. Yogyakarta: Andi Offset, t.t.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2012.

simamora, Bilson. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Siregar, Sofian. Statistik Parametrik untuk penelitian Kuantitatif,. Jakarta: Bumi Aksara, t.t.

Sugiarti, dkk. Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.

Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sunyoto, Danang. Peraktek Riset Perilaku Konsumen: Teori, Koesioner, Alat dan Analisis Data. Yogyakarta: CASP, 2014.

Umar, Husei. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Winamo, Surakhman. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito, 2004.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, t.t.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.