Penerapan Strategi Metakognitif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Erna Ikawati (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Azwir Kartono (, Indonesia)
Nenny Triana Hutagalung (, Indonesia)

Abstract


Setiap proses pembelajaran harus memiliki strategi yang tepat untuk diterapkan, Strategi belajar bahasa adalah cara khusus yang dilakukan pembelajar untuk meningkatkan kemampuan berbahasanya Artikel ini membahas tentang pentingnya strategi belajar bahasa yang bersifat metakognitif dalam konteks pendidikan di sekolah dasar ditinjau dari studi pustaka. Metakognitif melibatkan pemahaman dan pengawasan terhadap proses belajar. Penerapan strategi metakognitif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mampu meningkatkan strategi belajar siswa untuk memfokuskan pada pelajaran, merencanakan, memantau, dan mengevaluasi belajar berbahasanya.

 


Full Text:

PDF

References


Corebima, A. D. & Idrus, A. A. 2006. “Pemberdayaan dan Pengukuran Kemampuan Berpikir Pada Pembelajaran Biologi”. Makalah disajikan dalam International Conference on Measurement And Evaluation in Education, School of Educational Studies Universiti Sains Malaysia Penang, Malaysia, 13-15 February.

Susilo, H. 2007. “Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Assessmen dalam Strategi Kooperatif”. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Pengembangan Asesmen Autentik dan Kemampuan Berpikir serta Implementasinya dalam Pembelajaran Kooperatif. Universitas Muhammadiyah. Malang. 29 Januari.

Boylea, J. R., Rosenb, S. M., & Forchellic, G. (2014). Exploring metacognitive strategy use during note-taking for students. Education, 3-14.

Dyah Werdiningsih (2015) “Strategi Metakognisi Pembelajar Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar” Cakrawala Pendidikan, Februari 2015, Th. XXXIV, No. 1

Lis Lestari. 2021. “Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Self Efficacy Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD” Buana Bastra Jurnal Bahasa, Susastra, dan Pembelajarannya Vol (8) No (2) - Bulan (Oktober) Tahun (2021)

Diana Febriyanti Harum Sari. 2023 “Peningkatan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Melalui Menyimak Cerita Audio” Sastranesia Volume 11 No. 2, 2023 page 146-160 https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastra/article/view/3046




DOI: https://doi.org/10.24952/hatapoda.v2i2.10532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Hata Poda

Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: jurnalhatapoda@iain-padangsidimpuan.ac.id

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/hatapoda/index

E-ISSN : 2964-6928