PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN RELIGIUSITAS

Aisah Amini (Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia)
Dita Andraeny (Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan dan religiusitas terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi Syariah Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 91 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kecerdasan dan religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis Mahasiswa Akuntansi Syariah.Selain itu universitas harus terus meningkatkan untuk meningkatkan kecerdasan siswa, universitas juga perlu menanamkan nilai-nilai agama pada siswa untuk membangun kepribadian dan memotivasi etis siswa yang baik.

Kata kunci: kecerdasan emosi, religiusitas dan motivasi etis mahasiswa akuntansi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, M., & Sapiei, N. S. (2018). Do religiosity, gender and educational background influence zakat compliance? The case of Malaysia. International Journal of Social Economics, 45(8), 1250–1264. https://doi.org/10.1108/IJSE-03-2017-0091

Adinda, K., & Rohman, A. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi dalam praktik pelaporan laporan keuangan. Diponegoro Journal of Accounting, 4(2006), 1–10.

Agung, A. A. P. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: UB Press.

Agustini, S., & Herawati, N. T. (2013). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan religiusitas terhadap mahasiswa S1 akuntansi Universitas Pendidikan Singaraja. E-Jurnal UNDIKSHA, 1–11.

Apriono, F. T., Rispantyo, & Widarno, B. (2018). Pengaruh faktor individu dan diluar individu terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Si




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v6i2.2532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter