STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM PADANGSIDIMPUAN

Ja'far Nasution (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak,

Pelayanan yang terjadi di Rumah sakit umum Padangsidimpuan kurang sempurna dan yang menjadi rumusan masalah ialah bagaimana strategi peningkatan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan dan bagaimana strategi peningkatan mutu pelayanan di RSUD Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui alasan masyarakat berminat terhadap RSUD Padangsidimpuan dan untuk mengetahui startegi peningkatan pelayanan RSUD Padangsidimpuan. Strategi dan pelayanan merupakan bagian dari manajemen. Lokasi dan waktu penelitian yang dilakukan yaitu di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan Sumatera Utara yang berada di Jl. Dr. FI Tobing No.2. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan analisis data kualitaif dengan sumber data primer wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis Eksternal dan Internal, SWOT dan Matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa strategi SO yakni adanya dorongan dari pemerintah dalam melengkapi fasilitas-fasilitas medis yang belum pernah ada dalam menangani masalah pasien. Strategi WO yakni bantuan dari pemerintah dan manajer puncak sangat membantu membuat team khusus dalam menangani masalah kebersihan yang ada. Strategi ST Rumah Sakit negeri masih diminati masyarakat Tapanuli Bagian Selatan. Adapun strategi WT adalah melakukan peningkatan pelayanan yang memuaskan pasien dan keluarga.

 

Kata Kunci: Strategi, Matriks SWOT, Mutu Pelayanan

 

Abstract,

In the case of services that occur in Padangsidimpuan Public Hospital is less than perfect and the problem formulation is how to improve service strategies at Padangsidimpuan Regional General Hospital and how to improve services in Padangsidimpuan Hospital. The use of visualization is not unusual for the author, but as a means of alternative strategies that aim to develop scientific knowledge for people who are interested in reading or enforcing references from this paper. The discussion of this paper deals with business management, this paper deals with how service strategies in satisfying patients in hospitals. Strategy and service are part of management. The location and time of the research were carried out at the Regional General Hospital at the North Sumatra. This research was conducted in August 2018. The type of research used was research with qualitative data analysis with primary data source interviews. This study uses external and internal analysis, SWOT and SWOT Matrix. Based on the results of research conducted by the researcher, it can be seen that the SO strategy is an encouragement from the government in completing medical facilities that have never existed in dealing with patient problems. WO's strategy of assistance from the government and top managers greatly helped to create a special team in handling existing hygiene problems. ST strategy, state hospitals are still in demand by the South Tapanuli community. There are WT strategy to improve services that will satisfy patients and families.

 Keywords: Strategy, Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats and service quality

Keywords


Strategi; Matriks SWOT; Mutu Pelayanan

Full Text:

PDF

References


David, R, Fred. 2009. Strategis Managemen, “ Manajemen Strategis” terj: Sunardi. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Strategi Teori dan Konsep. Bandung: Alpabeta

Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia

Henri, Desri. 2010. “Analisis Penegembangan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Padang”. Skripsi,UNP Sumatera Barat.

Jurnal Kesehatan Masyarakat, Maret - September 2008, II (2) Universitas Andalas.

Lestari, Eka, Karunia dan Yudhanegara, Ridwan, Muhammad. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Sai’d, Gumbira. 2003. Manajemen Strategis Perspektif Syariah, Jakarta Selatan, Khoirul Bayaan.

Scott M Cutlit, dkk. Effective Public Relation terj: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sule, Tisnawati, Ernia dan Saefullah, Kurniawan. 2000. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Halim, Abdul. 2015. Manajemen Strategi Syariah. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.

Wulan, Retno,Riris dan Mosam, Muhammad. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dalam Rangka Reformasi Birokrasi di kantor pertanahan Kota Semarang, Universitas Diponegoro: Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter