Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan 3m (melempar, menangkap, dan menendang) Bola

Muhimmatul Mu'asyaroh (Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterbatasan media pembelajaran yang digunakan sehingga pembelajaran yang dilakukan belum maksimal, yang seharusnya pembelajaran disesuaikan dengan indikator pencapaian motorik kasar adanya permainan melempar, menangkap, dan menendang bola. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subyek penelitian melibatkan 31 peserta didik dan 2 guru kelompok A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi di salah satu lembaga di Kecamatan Pamotan, Rembang, wawancara dengan guru kelas, dan hasil dokumentasi berupa penilaian kemampuan anak dalam melakukan permainan melempar, menangkap, dan menendang bola. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar melalui permainan  3m  pada anak usia 4-5 tahun mengalami perkembangan, terlihat pada sejumlah 2 anak mulai berkembang dalam  melakukan permainan melempar, menangkap, anak beberapa kali gagal dalam melakukan kegiatan menendang bola. Ada 17 anak mengalami peningkatan dalam melempar, menangkap, dan  menendang bola. Ada 12 anak dapat melakukan permainan dengan baik sesuai dengan aturan yang dibuat dalam permainan melempar, menangkap, dan menendang bola. Problematika yang dialami guru dalam melakukan kegiatan melempar, menangkap, dan menendang bola yaitu anak merasa malu dan pasif, selain itu keterbatasan media yang digunakan dalam pembelajaran.  Solusi yang diberikan oleh guru dengan melakukan pendekatan pada anak, pemberian apresiasi pada anak, membuat lingkungan belajar yang dapat menarik perhatian anak, dan juga penggunaan media seadanya yang digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


melempar, menangkap, menendang bola, motorik kasar

Full Text:

PDF

References


AL Mahalli, I. J., & As Suyuthi, I. J. (n.d.). Tafsir Jalalain Q. S Al Ankabut : 69.

Diputera, A. M., Sembiring, D. N., Berliana, J. V., Yanti, S., & Letari, W. D. (2022). Identifikasi Masalah Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Medan. Jurnal Usia Dini, 8(2).

Fitria, E. F., & Hasanah, H. (2018). Pengaruh Permainan Lempar dan Tangkap Bola Terhadap Motorik Kasar AUD Kelompok B di TK Al-Ihsan Karangrejo Sumbersari Kabupaten Jember. JEICE : Journal of Early Childhood and Inclusive Education, 1(2), 100–107.

Ismundari, M. (2013). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun Melalui Penggunaan Media Bola di PPT Cempaka Tunas Bangsa Surabaya. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Kurniawati, N., Sianturi, R., & Muslihin, H. Y. M. (2022). Studi Kasus Permasalahan Keterlambatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini (5-6) Tahun di PAUD Al Istianah Kabupaten Tasikmalaya. PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01).

Magdalena, L. (2013). Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Bola Ring di TK Nurul Wathan Kabupaten Pesisir Selatan. Pesona PAUD, 1(01).

Monika, L. (2021). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Permainan Melempar dan Menendang Bola. Jurnal Ilmiah Dikdaya.

Permatasari, D. I., Sholihah, I. P., & Rahayu, Y. (2023). Peranan Guru dalam Mengatasi Anak Pemalu di RA Darussalam Pangandaran. Edu Happiness (Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini), 2(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i2.9978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhimmatul Mu'asyaroh




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205