Pengaruh Media Ulat Matematika Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia 5-6 Tahun
Neza Rizki Nofira
(Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Nur Hazizah
(Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media ulat matematika dapat meningkatkan kemampuan matematika awal anak di Taman Kanak-Kanak Islam Almanar Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik TK Islam Almanar yang berjumlah anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah anak, 10 anak kelas B1 dan 10 anak kelas B2.. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas dan t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan treatment media ulat matematika memperoleh nilai rata-rata sebesar 26,40 sedangkan pada kelas kontrol dengan treatment media kartu angka sebesar 28,70. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan teknik t-test diperoleh hasil bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian media ulat matematika tiga dimensi pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan matematika awal anak dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media kartu angka.
Keywords
Media Ulat Matematika, Media Kartu angka, Matematika Awal, Anak Usia Dini
Ambarini, R., Setyaji, A., & Suneki, S. (2018). Teaching Mathematics Bilingually for Kindergarten Students with Teaching Aids Based on Local Wisdom. Canadian Center of Science and Education, 11(3). https://doi.org/10.5539/elt.v11n3p8
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Charner, K. (2012). Buku Pintar PAUD Belajar Angka. Erlangga.
Joni, P. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).
Kennedy, L. M., Tipps, S., & Johnson, A. (2008). Guiding Children ’ s Learning of Mathematics (Eleventh E). Wadsworth.
Montessori, M. (2015). Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD. (Lazuardi.Terj.). Pustaka Pelajar.
Noorhan, E. S. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL TK AISYIYAH 48 PULO ASEM JAKARTA TIMUR TAHUN 2015. EDUKIDS, 1(1), 29–35. https://jurnalp4i.com/index.php/edukids/article/view/373
Putri, Y. P. (2016). EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAT ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. Ilmiah Pendidikan Khusus, 5(1), 154–164. https://doi.org/10.24036/jupe85860.64
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Utoyo, S., & Arifin, I. N. (2017). Permainan Matematika-Ku. Ideas Publishing.