Penerapan Pembelajaran Konsep Dasar Matematika dan Sains pada Anak Usia Dini

Hilda Zahra Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Anggi Annisa Pohan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)

Abstract


Anak usia dini merupakan masa unik usia nol sampai enam tahun, yaitu berada pada masa emas pertumbuhan dan perkembangan serta mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Pembelajaran matematika dan sains tidak hanya diajarkan di sekolah dasar dan menengah saja, namun harus diperkenalkan sejak usia dini. Sebab, anak usia dini merupakan masa emas perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan siswa dan kegiatan, hasil belajar siswa dan reaksi terhadap pengenalan matematika dan ilmu alam. Pengembangan konsep dasar matematika adalah agar anak mampu berhitung yang menjadi landasan belajarnya, dan pembelajaran sains anak usia dini merupakan pengembangan keterampilan dan proses berpikir anak secara logistik berdasarkan apa yang menjadi kodratnya, perkembangan anak dan kemampuannya. mengamati dan menyelidiki.

KataKunci: Konsep Dasar, Matematika dan Sains, Anak Usia Dini

 

 


Keywords


KataKunci: Konsep Dasar, Matematika dan Sains, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Cahaya, M. E. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Masyarakat Belajar. Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(2).

Darmawanti, R. R., Jamilatusoleha, S., Fitriyani, & Fasha, A. K. (2023). Implementasi Permainan Sains Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/edukids.v20i1.47013

Fajriati, R., & Suyadi. (2020). Eksperimen Sains Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Waterboom Mini. Jurnal AUDI, 5(1). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3649

Hikmawati, H., Takasun, T., & Rofiqoh, R. (2022). Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengenal Konsep Bilangan di TK Dharma Wanita 67 Pesucen. Unram Journal of Community Service, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i2.193

Indriani, L., & Khairiah, D. (2023). Pentingnya Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1–8.

Izzuddin, A. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Lestiawati, I. M. (2019). Mengenal Dan Memahami Konsep Pembelajaran Sains Dan Matematika Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 123.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV Harfa Crative.

Rahayu, C., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Hartono, Y. (2021). Pembelajaran Pengenalan Matematika Anak Usia Dini menggunakan Mini Games. Bening Media Publishing.

Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Caremedia Communication.

Susetyo, B., Gatot, M., Mufarihah, Suriyani, & Royani, I. (2021). Model penerapan sains dan matematika pada anak usia dini menggunakan pendekatan Melesat dan teknik loose parts. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 126–134. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.5262

Syafdaningsih, Rukiyah, & Utami, F. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i2.9797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggi Annisa Pohan




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205