Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

Afrah Nadhilah Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan alat permainan edukatif
dalam pendidikan moral dan agama pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan Classroom Action Research (CAR) untuk membantu pendidik anak usia dini dalam menanamkan nilai moral dan agama pada siswanya. Penelitian ini dilakukan di bidang pendidikan anak usia dini di TK Mentari School. Kemajuan signifikan dalam hasil pembelajaran teramati selama siklus I dan II. Rata-rata nilai anak pada pertemuan pertama siklus adalah 52, dengan tingkat kelengkapan sebesar 25%. Nilai rata-rata meningkat menjadi 61 setelah pertemuan kedua, menunjukkan tingkat kelengkapan sebesar 42%. Pada pertemuan ketiga, perkembangan semakin baik dengan tingkat kelengkapan sebesar 50% dan nilai rata-rata 63. Siklus II menunjukkan lebih banyak kemajuan, dengan pertemuan pertama mencatat rata-rata nilai anak sebesar 67 dan tingkat kelengkapan 58%. Pertemuan kedua menunjukkan kemajuan lebih lanjut, dengan nilai rata-rata 75 dan kelengkapan mencapai 75%. Dengan tingkat kelengkapan mencapai 91% dan nilai rata-rata 88, pertemuan terakhir siklus II menunjukkan kemajuan yang mencolok dan menunjukkan efektivitas intervensi pendidikan.


Keywords


Alat permainan edukatif, nilai agama dan nilai moral

Full Text:

PDF

References


Adiarti, W. (2009). Alat permainan edukatif berbahan limbah dalam pembelajaran sains di taman kanak-kanak. jurnal ilmu pendidikan , 78-84.
Budiyati, U. (2021). APE untuk pengembangan nilai agama dan moral anak. Jurnal Warna . Guslinda & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. CV. Jakad Publishing.
Inawati. (2017). Strategi pengembangan nilai dan moral pada anak usia dini . Jurnal pendidikan
anak usia dini.
Licona. (2014). Nilai-nilai moral dan agama pada usia dini . jurnal pendidikan anak usia dini .
R, A. (2009). Alat permainan edukatif lingkungan sekitar untuk anak usia 0-1 tahun. PT Sandiarta
Sukses.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Alfabeta.
Suyadi. (2009). Permainan edukatif yang mencerdaskan . Power Books (IHDINA). Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, mainan, dan permainan . PT Grasindo . Yaumi, M. &. (2016). Teori, model & aplikasi. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i2.9726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afrah Nadhilah Hasibuan




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205