Kemampuan Berhitung Anak 4-5 Tahun Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Loosepart

Dea Meideana Haristiaputri (STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia)
Nika Cahyati (STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia)

Abstract


Peningkatan kemampuan mengenal bilangan dan berhitung pada anak usia prasekolah sangat penting karena kemampuan ini merupakan kemampuan awal yang nantinya berguna pada kehidupan sehari-hari. Mengingat masih banyak ditemui anak yang masih kurang dalam mengenal bilangan dan berhitung maka perlu segera diatasi melalui model pembelajaran Make a Match dengan media Loose Part yang bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan bagaimana peningkatan kemampuan berhitung anak melalui model Make a Match dan media Loose Part. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Mc Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya yang setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini peserta didik TK Bina Putra yang berjumlah 10 anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai peningkatan kemampuan berhitung melalui media loose part dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Bina Putra dari hasil data persentase siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 50,6% , siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 70,4% , siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 90,8%. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I, siklus II, siklus III sudah terjadi peningkatan, dengan demikian dinyatakan bahwa dengan penggunaan media loose part dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Bina Putra.


Keywords


berhitung;make a match;loose part.

Full Text:

PDF

References


A. Pribadi, Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat

Agnes Dhear N.C. (2020). Meningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol.8(3),pp. (170-179)

Ahmad Susanto. (2011:47). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Aini Toharotul, (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Loose Part Pada Anak Kelompok B Di PAUD IT Az-Zahroh II Wonosari Tempurejo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Aisyah. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.2, No.2 (37-41)

Alfarida Dewi Nugraheni, (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts Pada PAUD. Semarang: Prosiding seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran

Alkhulaniah, Nurul Khotimah. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Cipta Warna Pada Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai. Vol.5, No.3 (143-147)

Astria Hilda R. L., Sri Mawani. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak usia 4-5 Tahum Melalui Media Pohon Hitung Di Taman Kanak-Kanak Islam Mutiara Sawangan-Depok. Hasil Riset Pendidikan Guru Anak Usia Dini Edisi Khusus.

Carol Seefeld & Barbara A Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Indeks

Chandra, (2015). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan Stick Angka. Jurnal Tumbuh Kembang. Vol. 5(1)

Desi Ranita; Dkk. (2020). Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan. Vol.5, No.11 (1535-1539)

Elisa Malapata, Lanny Wijayaningsih. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Meida Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3. I.1 (283-293)

Eva Delfia, Farida Mayar. (2020). Penanaman Konsep Berhitung Anak Melalui Permainan Pencocokkan Kepingan Buah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vo.4, I.1 (338-350)

Fauhah,Humroul dan Rosy Brilian. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran(JPAP). Volume 9(2): 328

Fitri Andriani, Rachma Hasibuan. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-20 Melalui Metode Pemberian Tugas Bermedia Bahan Sisa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Godong Gudo Jombang. Jurnal PAUD Teratai, Vol.6 No.03

Furi, A. Z., Harmawati, dkk; (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Jurnal Ivet. Vol. 1(2), 7-19

Gardner, Howard, Longworth, Richard M.. Multiple Intelligence. Amerika Serikat: ReadHowYouWant, Limited, 2010.

Hawwan, R.L; Dkk (2020). Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Problem Solving Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. Vol.8, No.1, Maret.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Joni. (2020). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung Dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Jurnal PAUD TEMBUSAI. Vol.2 No.1 (1-10)

Kurniasih, I. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Laila Qodari Gilang Wahyuningrum, Dkk., Optimalisasi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi. (154)

Lisa Agave A., Dewi Safitri E., (2109). Meningkatkan Kemampuan berhitung Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Ceria. Vol.2, No.6

Mallianoor. (2016). Upaya Meningkatkan Kognitif Dalam Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan Melalui Model Make A Match Di Kelompok B TK Aisyiyah 6 Banjarmasin. JEA. Vol.2, I.1

Musfiroh, T. (2004). Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan (Stimulasi Multiple Intelegences Anak Usia Taman Kanak-Kanak)

Musi, M.A. (2016). Peningkatan Keterampilan berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 19(1), 36-41

Narni, Salwiah. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mencocokkan Gambar. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol.3, No.1, Maret.

Nia Moleca S., Akhmad Riandy A., (2022). Meningkatkan Aspek kognitif Dalam Mencocokkan Angka Dengan Lambang Bilangan Pada Anak TK Menggunakan Model Matamu. Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini. Vol.2, No.2 (19-30)

Nelawati, N. C., Karsono, K., Palupi, W. (2019) Peneraparan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara cendekia, 7(4), 394.

Nurmiati Tanjung, Sean Marta E. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Bermain Puzzle jam Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Generasi Bangsa Pekanbaru.

Parwati, J., Sudarma, & Parmiti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD, Vol.5 (2), 1-10

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vo. 9(2), 49-60

Rosmawar; Dkk. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kegiatan Berhitung Menggunakan Media Tutup Botol Pada Anak Kelompok B-2 TK karyawan Kota Baru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol.2, No.2

Rudy Sumiharsono dan Hisbiyatul Hasanah, Media Pembelajaran, (Jember: CV Pustaka Abadi, 2017), (11).

S. Yuliani Nuraini. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta ; Permata Putri Media.

Sher, Barbara.(2013). Smart Play For Kids 101 dan Outbound yang Mencerdaskan Anak, Jogjakarta: Bookmarks

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Slamet Suyanto. (2006). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Sundari, J. (2017). Pengasuh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Kajian Pustaka Matematika, Vol. 02(02), 227-234

Tiyasa. (2008) The Effect of Cooperative Learning with Make A Match Type to Mathematic Learning Outcome of Primary School Student. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, Vol. 8(2), 127-135

Unsrini; Dkk. (2014). Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Media Nyata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Vol. 4(3).

Valentina Dewi; Dkk (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Part terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.7 (267-282)

Wida Nurhidayah, Tiara AStari. (2019). Permainan Bakbelin Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal An-Nur Subang-Jawa Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.3, No.2

Winasih, Mas’udah. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Biji-Bijian Pada Kelompok A Di Tk Darul Hikmah 2 Karangan Bareng Jombang. Jurnal PAUD Teratai. Vol.09(03)




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i1.8142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nika cahyati, dea meideana haristiaputri




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205