Potensi Lahiriyah Anak Usia Dini

Nursitimurtini Siti Murtinisitinur (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Siti Yusrona Daulay (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Murtini Lubis Tini (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Nur Hidayah Nasution (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Masa usia dini merupakan periode awal yang penting dan mendasar dalam rentang pertumbuhan serta perkembangan kehudupan manusia .anak usia dini merupakan masa pembentukan pondasi kepribadian yang akan menentukan pengalaman anak dikehidupan selanjutnya .Masa usia dini dikenal dengan sebutan golden age. golden age merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupan anak masa mendatang. Hal ini juga menjadi dasar dalam melatih berbagai kemampuan kognitif,motoric,bahasa,social,dan berbagai kemampuan lainnya pada anak .Berbicara tentang anak usia dini ,merupakan pembahasan yang sangat luas dan sangat menarik untuk di kaji. Pengertian anak usia dini memiliki batasan usia dan pemahaman yang beragam ,tergantung dari sudut pandang yang digunakan .Undang – Undang No 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional menyebutkan bahwa anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir hingga 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak mempunyai kesiapan memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut. Sedangkan menurut Prof.marjorry Ebbeck dari Australia mengatakan bahwa anak usia dini merupakan masa peeka,pada usia tersebut sangat efektif menegajarka hal –hal yang baik pada anak .Perkembangan otaknya tumbuh berkembang dengan pesat .Pada masa tersebut merupakan keharusan bagi prang tua untuk dapat mengoptimalkan perkembangannya Adapun metode penelitian kajian pustaka atau studi kepustakaan yaitu berisi teori-teori yang relevan dengan masalah –masalah dalam penelitian yang diambil peneliti. Kajian pustaka atau studi pustaka merupakan kegiatan yang diwajibkan dalam suatu penelitian, khususnya penelitian akademik yang tujuan utamanya yaitu dalam mengembangkan aspek teoritis maupun aspek praktis. Jenis penelitian ini adalah bibliyorafi dijelaskan bahwa bibliografi adalah daftar informasi dalam buku-buku karya pengarang maupun ahli dalam berbagai bidang, keahlian dan penerbit tertentu. Penelitian ini seluruhnya berdasarkan atas kajian pustaka atau studi literature. Oleh karena itu sifat penelitian adalah penelitian kepustakaan atau (library research). Data yang dikumpulkan dan dianalisis seluruhnya berasal dari literature maupun bahan dokumentasi lain, seperti tulisan dijurnal, maupun media lain yang relevan dan masih dikaji. Data yang dikumpulkan dalam studi ini adalah dua jenis data yaitu data yang bersifat primer dan data yang bersifat sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, yaitu dengan cara mencari data yang berkaitan dengan pembahasan dalam judul penelitian yang peneliti ambil. Dalam penelitian ini data–data yang relevan dikumpulkan dengan berbagai cara, yaitu dengan studi pustaka, studi literature, dan pencarian diinternet. Teknik analisis data yang dilakukan peneltian dengan menggunakan teknik analisa kualitatif dengan cara deduktif,maksudnya adalah dari hal-hal atau teori yang bersifat umum untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus. Denagn cara induktif yang berkaitan dengan faktor-faktor peristiwa khusus dan konkrit kemudian menarik kesimpulan dari bersifat khusus keumum. Pengertian Potensi Lahiriah Anak Usia Dini Potensi berasal dari kata serapan bahasa inggris yaitu potency, yang memiliki arti kekuatan, daya, dan kemapuan. Potensi menurut Hengki adalah kemampuan seseorang yang masih terpendam dan belum terungkap. Potensi akan berkembangsesuai dengan kemampuan mengembangkannya dengan kualitas yang berbeda- beda .Agar dapat memberikan pengertian potensi lahiriah anak usia dini , maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian anak usia dini. Anak usia dini adalah sekelompok individu yang berada pada rentang usia 0-8 tahun.berdsrkan batasan ini maka anak yang telah masuk di sekolah dasar mestinya diajar dan dididik meggunakan konsep pendidikan AUD. 

Keywords


Potensi dan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Baiti, N. (2021). Perkembangan Anak Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini. Guepedia. Dr.Lalu Muhammad Nurul. (2020). Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Sanabil. Drs. Ahmad Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini:Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenada Media Gruop. Fitria. (2020). Konsep Kecerdasan Spiritualdan Emosional Dalam Membentuk Budi Pekerti (Akhlak). Guepedia. Hamzah, N. (2015).Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Press. Irawan, H. (2022). Pengembangan Diri. Cv Bintang semesta media. Kurniawan Andri, D. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. PT.Gobal Eksekutif Teknologi. Muliyanto. (2017). Muliyanto ,Mimpi Ayah Muda Penggugah Keluarga Muda Masa kini,Jakarta : Kelompok Gramedia 2017,hal 3. kelompok gramedia. Munandar. (2000). Menembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Gramedia. Munastiwi, E. (n.d.). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini Di Era Digital. AL Hikmah Proceeding on Islamic Early Chidhood Education, 1. Pranto, D. (2021). Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Intelektual Dalam 15 Moralitas Remaja Berpacaran Upaya Mewujudkan Manusia yang Seutuhnya. Ahli Media Book. Rinna Rahmawati, A. (2013). Lima yang Dilarang. Pt Elex Media Koputindo. Yumnah, S. (2016). Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Studi Islam, 11.No.2




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i2.8045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nursitimurtini Siti Murtinisitinur, Siti Yusrona Daulay, Murtini Lubis Tini, Nur Hidayah Nasution




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205