Implementasi Pengembangan Agama dan Akhlak Anak Usia Dini di RA Maikha Palembang

Nurul Amelia (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia)
Nadia Aisya (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi)

Abstract


Agama adalah aturan dan wahyu Tuhan yang sengaja diturunkan agar manusiahidup teratur, damai sejahtera, bermartabat dan bahagia baik di dunia maupun diakhirat. Eksistensi agama merupakan kebutuhan primer bagi seluruh umat manusia didunia ini. Kedudukan agama bersifat primer maka agama sangat perlu ditanamkan sejak dini kepada anak didik kita. Menanamkan nilai-nilai agama kepada anak adalah tugas para orang tua selaku guru pertama dan utama di rumah dan keluarga, juga merupakan tugas guru di sekolah. Agama sangat berperan dalam pembentukan perilaku setiap anak, sehingga pribadi yang dimilikinya akan mudah berbaur sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Kemudian, Pengembangan Akhlak sangat erat kaitannya dengan budi pekerti seorang anak, sikap sopan santun, dan kemauan melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan kegiatan keagaaman di RA MALIKA berupa kegiatan pengembangan agama dan akhlak saat proses pembelajaran, strategi dan metode pengembangan agama dan akhlak, media atau alat peraga edukatif (APE) dalam pengembangan agama dan akhlak, serta peran orangtua dalam pengembangan agama dan akhlak.


Keywords


Implemantasi, Agama dan Akhlak, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Anggraini Wardah dkk. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Hal: 1-2. Harms Ernest. 1944. The Development of Religious Experience in Children. Journal of Sociology. No: 50. Hal: 112-122.

Dina Lestari, Muqowim. (2020). Pengembangan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini, Dalam Perspektif Islam. Jurnal Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 2.

Fatikh Inayahtur Rahma. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak. Jurnal Studi Islam: Pancawahana, Vol. 14 No.2, hal. 2-4

Fitri Awan Arif. (2020). Peran Orang Tua dan Guru untuk Mengembangkan Perilaku Moral dan Religiusitas Remaja, Professional, Empathy and Islamic Counseling. Journal, Vol. 3, No. 2, Desember 2020

Inayahtur Rahma Fatikh. (2019). Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi Anak. Jurnal Studi Islam: MEDIA PEMBELAJARAN. Pancawahana. Vol: 14, No: 2. Hal: 2-4.

Labiba Kusna Siti. (2020). Srategi Mendidik Anak Usia Dini Untuk Cinta Kepada Nabi. Vol: 9, No: 2. Hal: 13- 14.

Leli Fertiliana (2019). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI MORAl AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RAUDLATUL ATHFAL MA'ARIF 1 METRO. Jurnal Program Studi PGRA, Volume 5 Nomor 1 Januari.

Lestari Dina dkk. (2020). Pengembangan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol: 3, No: 2. Hal: 84.

Lydia Margaretha. (2020). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Aanak Usia Dini di Kota Bengkulu. Jurnal Al Kahfi Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini STIT Al-Khairiyah ISSN (p): 2656-8284 Volume (2) Nomor (1).




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i1.7551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 nadia aisya




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205